Irjen Dedi Prasetyo: Polisi Dalami Insiden Tambang Batu Bara Sawahlunto Meledak

Sosok Ini Punya Saham Tambang Besar, Kapolda Sumbar: Tak Mau Prematur

Proses evakuasi korban ledakan tambang di Sawahlunto, Sumatera Barat (Sumbar), Jumat 9 Desember 2022. [Foto: HO/Kariadil Harefa]

Teraskabar.com - Polres Sawahlunto dan Polda Sumatera Barat mendalami peristiwa ledakan tambang batu bara di Kota Sawahlunto, Sumbar yang meledak, Jumat (9/12/2022), yang menelan korban jiwa.

Hal itu kata Kadiv Humas Polri Irjen Dedi Prasetyo kepada Teraskabar, Jumat siang ini. Irjen Dedi Prasetyo membeberkan kalau lokasi ledakan tambang berada di area pertambangan PT. NAL Perambahan, Kecamatan Talawi Sawahlunto.

Kadiv Humas Polri Irjen Dedi Prasetyo mengurai berdasar laporan, peristiwa itu terjadi ketika para pekerja tambang memulai aktivitas kerja penambangan.

Kegiatan para penambang itu dalam pengawasan Kepala Teknik Tambang (KTR) PT NAL, Dian Firdaus.

"Jadi peristiwa itu sekarang dalam penanganan tim Polda mapun Polres setempat," ucapnya.

Masih kata Irjen Dedi Prasetyo, saat melakukan aktivitas penambangan menurut penuturan KTR PT NAL, tetiba keluar asap dari lubang tambang yang memiliki kedalaman 200 meter.

"Kepulan asap tebal dari lubang tambang, bahkan ada suara letupan kecil dari dalam, hingga terjadi insiden tersebut," ungkap Dedi Prasetyo.

Sementara itu wawancara terpisah dengan Kepala Seksi Operasional (Kasi Ops) SAR Padang, Oktavianto yang berada di lokasi, mengatakan bahwa korban meninggal dunia akibat ledakan di tambang batu bara terdiri 9 pekerja.

"Sembilan meninggal dunia, empat selamat dan satu lagi dalam pencarian," tutur Kasiops Basarnas Padang Octavianto, Jumat sore ini.

Baca Juga: BREAKING NEWS: Tambang Meledak di Sawahlunto, 7 Meninggal Dunia

Ia menerangkan, segenap unsur baik TNI/Polri dan masyarakat serta Tim SAR bahu membahu melakukan operasi pencarian dan pertolongan terhadap korban tambang batu bara Sawahlunto.

"Kami masih berupaya melakukan pencarian terhadap korban satu lagi, yang kata saksi masih ada di dalam lubang penambangan," tutupnya. [*]

Dapatkan update berita terkini, seputar peristiwa, olahraga, hiburan, lifestyle, tekno dan film setiap hari dari Teraskabar.com di Google News.

Baca Juga

Muhammad David Mawardi terpilih sebagai Ketua Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Kabupaten Padang Pariaman
Muhammad David Mawardi Nakhodai KNPI Padang Pariaman
Door to Door: Badan Rescue NasDem dan Garnita Ulurkan Bantuan Korban Banjir Padang
Door to Door: Badan Rescue NasDem dan Garnita Ulurkan Bantuan Korban Banjir Padang
Teraskabar.com - Aksi heroik sopir pick up dan polisi Satlantas Polres Padang Pariman gagalkan aksi jambret di Ampang, Kota Padang mendapat apresiasi dari netizen.
Aksi Heroik Sopir Pick Up Gagalkan Aksi Jambret di Ampang Padang Bareng Polisi Satlantas Padang Pariaman
Ribut Kursi Wawako Padang, Faisal Nasir Sebut Ada Upaya Penggulingan Walikota Hendri Septa. Teraskabar.com - Ada unsur menjatuhkan Wali Kota
Ribut Kursi Wawako Padang, Faisal Nasir Sebut Ada Upaya Penggulingan Walikota Hendri Septa
Usai Tersesat, Edi Pemotor Trabas Meninggal di Bukit Barisan Limapuluh Kota. Teraskabar.com - 14 pemotor trabas yang tersesat atau hilang saat ekspedisi di Bukit Barisan, Kabupaten Limapuluh Kota.
Usai Tersesat, Edi Pemotor Trabas Meninggal di Bukit Barisan Limapuluh Kota
Viral! kronologi tewasnya tiga pemotor di Padang, yang merupakan remaja. Teraskabar.com - Tewasnya tiga pemotor di Padang, Sumatera Barat viral, lantaran rekaman cctv beredar.
Tuai Pro Kontra Netizen, Polisi Urai Kronologi Tewasnya Tiga Pemotor di Padang