Indonesia Hadapi Ketidakpastian Ekonomi Global, Menkeu Tawarkan Solusi

Indonesia Hadapi Ketidakpastian Global, Menkeu Tawarkan Solusi

Laporan grafik ekonomi [Foto: Ilustrasi/Canva]

Teraskabar.com - Upaya pemerintah Indonesia dalam menghadapi ketidakpastian ekonomi global. Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati tawarkan solusi cerdas, saat hadiri UOB Annual Economic Outlook 2023, Kamis (29/9/2022).

Tawaran solusi dan cerdas itu agar mengurangi dampak gelombang yang berhadapan langsung dengan masyarakat, maupun para pelaku usaha kecil menengah.

"Kita harus dan terus mengelola kebijakan makro fiskal dan moneter, serta kebijakan struktural sektor masyarakat dan sektor riil. Untuk bisa bersama-sama menjaga kita semua dari guncangan yang tidak biasa," ungkap Menkeu Sri Mulyani.

Menghadapi ketidakpastian ekonomi global kedepan, penanganan pandemi Covid-19 salah satu contoh kecilnya. Walau menurut Menkeu Sri Mulyani Indrawati memberikan efek yang teramat membekas.

Justru kedepan, Menkeu Sri Mulyani menginisiasi dengan membangun fasilitas keuangan sebagai bentuk dukungan pada dunia luar hadapi pandemi.

Menkeu Sri Mulyani menerangkan, financial intermediary facility sebagai penguatan terhadap kesehatan, karena menurut para ilmuwan bahwa pandemi akan berulang.

"Maka Indonesia dan dunia harus lebih siap agar kalau nanti terjadi pandemi berikutnya, kita sudah memiliki persiapan yang lebih baik dari sebelumnya," kata Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati.

Pandemi menurut Menkeu Sri Mulyani, bukan saja menyerang neraca keuangan melainkan nyawa manusia. Mulai dari pembatasan sehingga berdampak luas dan meninggalkan scarring effect.

"Scarring effect bukan saja melanda Indonesia melainkan dunia, dan berdampak luas dan nyaris melampaui krisis keuangan yang pernah terjadi pada 1997-1998 dan 2008-2009 di Indonesia," papar Sri Mulyani.

Sebagai bantalan sosial bagi masyarakat maupun pelaku usaha kecil menengah itu melalui Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN), sehingga bisa menekan scarring effect.

APBN juga bisa sebagai shock absorber untuk menahan guncangan akibat gelombang volatilitas harga Bahan Bakar Minyak (BBM).

"Tiga tantangan itu bermuara terhadap kondisi ketidakpastian global. Untuk bisa bersama-sama menjaga kita semua dari guncangan yang tidak biasa," imbuh Sri Mulyani.

Baca Juga: Presidensi G20 Indonesia 2022, Menkeu Terus Dorong Penguatan di Bidang Kesehatan

"Saya berharap kita bisa bersama-sama apapun bisnis anda, apapun tugas anda, apapun posisi anda, kita menjaga Indonesia bersama sehingga 2023. Indonesia tetap optimis, namun waspada," pungkas Menkeu Sri Mulyani. [*/TK]

Dapatkan update berita terkini, seputar peristiwa, olahraga, hiburan, lifestyle, tekno dan film setiap hari dari Teraskabar.com di Google News.

Baca Juga

Garda Pemuda NasDem (GPND) Sumbar mengapresiasi kerja Satreskrim Polresta Padang dalam mengungkap kasus eksploitasi seksual komersial anak di Padang. Hal itu kata Wakil Ketua Garda NasDem Sumbar, Aliyas Candra, Senin (7/11/2022).
DPW Garda Pemuda NasDem (GPND) Sumbar Bagikan 100 Bibit Tanaman Buah di Tiga Kecamatan Padang
Data terbaru (update) jumlah korban meninggal dunia gempa bumi Cianjur, Jawa Barat, Selasa (29/11/2022) bertambah. BNPB mencatat 327 jiwa orang, setelah empat jenazah kembali di temukan di lokasi pencarian.
[UPDATE] 327 Jiwa Orang Meninggal Dunia Pasca Gempa Cianjur
DPW Partai NasDem Sumbar (Sumatera Barat) bersama pengurus DPD, sayap maupun badan bersiap sambut capres Anies Baswedan di Sumbar
DPW Partai NasDem Sumbar Siap Sambut Capres Anies Baswedan
Seorang pria di Padang, Sumatera Barat jadi korban kecelakaan hingga motor hilang, Jumat 25 November 2022. Ia pun baru sadar motornya raib setelah warga menyelamatkan nyawanya ke rumah sakit.
Tawuran Padang: Cowok Ini Jadi Korban Sampai Motor Tercuri
Empat (4) polisi menumpang helikopter NBO Polri tipe 105 dengan nomor registrasi P-1103 hilang sebelum ditemukan di Bangka Belitung Timur
Kronologis Helikopter NBO Polri Tipe 105 Hilang di Belitung Timur
Jenazah seorang NBO 105 yang diduga merupakan awak helikopter Polri ditemukan di dekat Pantai Bird Mandi di Bangka Belitung.
Jenazah Diduga ABK Helikopter Polri Ditemukan di Pantai Bangka Belitung Timur