Indeks Kerawanan Pemilu (IKP) Limapuluh Kota Sedang, Bawaslu: Jangan Takut Hadapi Perkara

Indeks Kerawanan Pemilu (IKP) Limapuluh Kota, Sumatera Barat berada pada angka sedang. Hal ini terungkap saat Bawaslu menggelar rapat fasilitas sentra GAKKUMDU Pemilu 2024, Kamis (22/12/2022)

Kantor Bawaslu Limapuluh Kota, Sumatera Barat.

Teraskabar.com - Indeks Kerawanan Pemilu (IKP) Limapuluh Kota, Sumatera Barat berada pada angka sedang. Hal ini terungkap saat Bawaslu menggelar rapat fasilitas sentra GAKKUMDU Pemilu 2024, Kamis (22/12/2022), di Ballroom Hotel, Nan Kodok, Kecamatan Payakumbuh Utara.

Komisioner Badan Pengawas Pemilu Kabupaten Limapuluh Kota, Ismet Aljannata menyampaikan, untuk tidak takut dalam menghadapi segala perkara saat Pemilu 2024.

Selain itu menurut data Bawaslu, Indeks Kerawanan Pemilu di Limapuluh Kota, yang terdiri 13 kecamatan dan 69 nagari terbilang sedang.

"Walau itu IKP sedang, akan tetapi tetap kita harus waspada melakukan pengawasan, penindakan dan penanganan terhadap perkara tindak pidana Pemilu serentak," kata Koordinator Divisi Hukum, Pencegahan, Partisipasi Masyarakat dan Humas, di Limapuluh Kota, Kamis (22/12/2022).

Sebab Bawaslu bekerja berdasar Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilihan Umum. Badan Pengawas Pemilu mendapat tugas dan amanat untuk mengawasi setiap tahapan pemilihan umum. Salah satunya mencegah terjadinya dugaan pelanggaran selama penyelenggaraan pesta demokrasi.

"Bawaslu harus mengawasi agar Pemilu berjalan demokratis, bersih, dan jujur dan adil," terangmya Ismet,

Baca Juga: SAR Padang: 10 Korban Tambang Batu Bara Sawahlunto Terjebak di Lubang Pertambangan

Selain Bawaslu hadir dalam sosialisasi dan rapat GAKKUMDU Pemilu 2024, turut akademisi dan dosen tata negara menjadi native speaker. Adapun peserta merupakan anggota Panwascam, Sekolah Kader Pengawasan Partisipatif (SKPP), BKPSDM, kepolisian dan kejaksaan. [*]

Dapatkan update berita terkini, seputar peristiwa, olahraga, hiburan, lifestyle, tekno dan film setiap hari dari Teraskabar.com di Google News.

Baca Juga

Ribut Kursi Wawako Padang, Faisal Nasir Sebut Ada Upaya Penggulingan Walikota Hendri Septa. Teraskabar.com - Ada unsur menjatuhkan Wali Kota
Ribut Kursi Wawako Padang, Faisal Nasir Sebut Ada Upaya Penggulingan Walikota Hendri Septa
Usai Tersesat, Edi Pemotor Trabas Meninggal di Bukit Barisan Limapuluh Kota. Teraskabar.com - 14 pemotor trabas yang tersesat atau hilang saat ekspedisi di Bukit Barisan, Kabupaten Limapuluh Kota.
Usai Tersesat, Edi Pemotor Trabas Meninggal di Bukit Barisan Limapuluh Kota
Viral! kronologi tewasnya tiga pemotor di Padang, yang merupakan remaja. Teraskabar.com - Tewasnya tiga pemotor di Padang, Sumatera Barat viral, lantaran rekaman cctv beredar.
Tuai Pro Kontra Netizen, Polisi Urai Kronologi Tewasnya Tiga Pemotor di Padang
Ratusan Pemuda Ikut Kaderisasi Raya GP Ansor Sumbar di Padang. Teraskabar.com - Seratusan pemuda mengikuti kaderisasi raya di Padang, Sumatera Barat, 20 sampai 22 Januari 2023 yang digelar Pengurus Wilayah (PW) Gerakan Pemuda Ansor (GP Ansor) Sumbar di Asrama Haji.
Ratusan Pemuda Ikut Kaderisasi Raya GP Ansor Sumbar di Padang
NA Perkaos Kakak dan Adik di Sijunjung Sumbar, AR Tidak Tahan. Teraskabar.com - Kakak dan Adik, paman perkaos sejak April 2022 sampai Januari 2023.
NA Perkaos Kakak dan Adik di Sijunjung Sumbar, AR Tidak Tahan
Imbas Tahanan Kabur dari Polsek: Polres dan Polsek di Sumbar Siap-Siap. Teraskabar.com - Imbas tahanan Polsek Lubuk Begalung kabur dari sel penjara, beberapa hari lalu, siap-siap Polres dan Polsek bakal jadi sorotan.
Imbas Tahanan Kabur dari Polsek Lubeg: Polres dan Polsek di Sumbar Siap-Siap