Hutama Karya Klaim Jalan Tol Padang-Sicincin Tuntas 2024

Teraskabar.com - Terdapat 2 seksi untuk pembangunan Jalan Tol Padang Pekanbaru terkini, Pekanbaru-Bangkinang dengan ruas 40 Km telah tuntas, info jalan tol...

Jalur tol Padang-Pekanbaru, sekarang sedang pembebasan lahan tol Padang-Sicincin

Teraskabar.com - Jalan Tol Padang-Sicincin bakal kelar atau tuntas di 2024, dan sudah beroperasi di tahun tersebut. Hal itu klaim dari PT Hutama Karya (Persero) sebagai perusahaan yang mengerjakan bagian dari Jalan Tol Padang-Pekanbaru tersebut.

"Pembangunan Jalan Tol Trans-Sumatera (JTTS) tahap I sepanjang 1.064 kilometer tuntas pertengahan tahun 2024," kata Direktur Operasi III Hutama Karya Koentjoro dalam kesempatannya, Senin (5/12/2022).

Sementara dari ruas jalan tol dengan kilometer 1.040 panjangnya akan beroperasi tahun 2023 mendatang. Sementara jalan tol yang berada di Kabupaten Padang Pariaman, Sumatera Barat (Sumbar) baru akan berfungsi di pertengahan 2024.

Menurut catatan PT Hutama Karya (Persero) menguraikan rencana pengerjaan jalan mulai tahun 2023 hingga 2024 mendatang, yakni menuntaskan pengerjaan jalur jalan tol sepanjang 1.064 di tahun 2023. Kemudian Tol Padang-Sicincin dari Padang Pariaman dengan panjang lajur 36 Kilometer akan tuntas di 2024.

Salah satu indikator dari pembangunan jalan tol trans sumatra atau JTTS itu memperhatikan kekuatan anggaran dana. Sebab, pemerintah memberi via Penyertaan Modal Negara (PMN) mendorong perseroan agar terus membangun JTTS.

Baca Juga: Kabar Tol Padang Pekanbaru Terkini, Seksi Bangkinang-Pangkalan Tuntas

Sementara Penyertaan Modal Negara baru menerima pada pertengahan atau akhir tahun. Walau demikian sambung Koentjoro, pihaknya akan tetap melaksanakan pengerjaan jalan tol.

Pembangunan jalan tol trans sumatra sudah sesuai regulasi tertuang dalam Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 100 tahun 2014 tentang Percepatan Pembangunan Jalan Tol di Sumatera.

Hutama Karya salah satu perseoran yang menerima mandat untuk mengerjakannya sejak tahun 2014. Salah satu penguatan itu juga lewat Perpres Nomor 117 Tahun 2015 tentang Perubahan atas Perpres Nomor 100 tahun 2014, tentang Percepatan Pembangunan Jalan Tol di Sumatera.

Direktur Operasi III Hutama Karya Koentjoro menjelaskan pembangunan Jalan Tol Trans-Sumatera (JTTS) sudah berlangsung, perseroaan telah membangun JTTS Tol Pekanbaru-Dumai sepanjang 131 kilometer.

Kemudian Tol Sigli-Banda Aceh Seksi 2,3, dan 4 (Seulimeum-Jantho-Indrapuri-Blang Bintang) 36 kilometer, serta Tol Binjai-Langsa Seksi 1 Binjai-Stabat 11,8 kilometer.

Baca Juga: Kebut Sisa Pembebasan Lahan Tol Padang-Sicincin, 69 Sertifikat Sudah Validasi

Sementara pembangunan untuk Tol Bakauheni-Terbanggi Besar (Bakter) telah mereka lakukan dengan panjang 140 kilometer, lalu jalan Tol Terbanggi Besar-Pematang Panggang-Kayu Agung (Terpeka) sepanjang 189 kilometer, Tol Palembang-Indralaya (Palindra) 22 kilometer, dan Tol Medan-Binjai 17 kilometer.

Artinya telah membangun sepanjang 1.066 kilometer, dan ruas tol yang sudah berfungsi sepanjang 547 kilometer, adapun sisanya sepanjang 519 kilometer masih dalam konstruksi. [*]

Dapatkan update berita terkini, seputar peristiwa, olahraga, hiburan, lifestyle, tekno dan film setiap hari dari Teraskabar.com di Google News.

Baca Juga

Muhammad David Mawardi terpilih sebagai Ketua Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Kabupaten Padang Pariaman
Muhammad David Mawardi Nakhodai KNPI Padang Pariaman
Door to Door: Badan Rescue NasDem dan Garnita Ulurkan Bantuan Korban Banjir Padang
Door to Door: Badan Rescue NasDem dan Garnita Ulurkan Bantuan Korban Banjir Padang
Teraskabar.com - Aksi heroik sopir pick up dan polisi Satlantas Polres Padang Pariman gagalkan aksi jambret di Ampang, Kota Padang mendapat apresiasi dari netizen.
Aksi Heroik Sopir Pick Up Gagalkan Aksi Jambret di Ampang Padang Bareng Polisi Satlantas Padang Pariaman
Ribut Kursi Wawako Padang, Faisal Nasir Sebut Ada Upaya Penggulingan Walikota Hendri Septa. Teraskabar.com - Ada unsur menjatuhkan Wali Kota
Ribut Kursi Wawako Padang, Faisal Nasir Sebut Ada Upaya Penggulingan Walikota Hendri Septa
Usai Tersesat, Edi Pemotor Trabas Meninggal di Bukit Barisan Limapuluh Kota. Teraskabar.com - 14 pemotor trabas yang tersesat atau hilang saat ekspedisi di Bukit Barisan, Kabupaten Limapuluh Kota.
Usai Tersesat, Edi Pemotor Trabas Meninggal di Bukit Barisan Limapuluh Kota
Viral! kronologi tewasnya tiga pemotor di Padang, yang merupakan remaja. Teraskabar.com - Tewasnya tiga pemotor di Padang, Sumatera Barat viral, lantaran rekaman cctv beredar.
Tuai Pro Kontra Netizen, Polisi Urai Kronologi Tewasnya Tiga Pemotor di Padang