HUT NasDem: Tak Ada Ucapan dan Jokowi Absen, Ini Kata Analis

Absennya Jokowi di HUT NasDem dan tak ada ucapan, menurut analis politik: hubungan sedang tak baik-baik saja. HUT ke-11 NasDem 2022

Kolase potret Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh dan Presiden Joko Widodo.

Teraskabar.com - Absennya Jokowi di HUT NasDem sangat dimaklumi Ketua Umum NasDem Surya Paloh. Bahkan tak ada ucapan selamat HUT ke-11 NasDem 2022 dari Presiden Jokowi, Jumat (11/11/2022).

Walau Partai NasDem memaklumi, akan tetapi beda halnya dengan apa yang diungkapkan analis politik dari Universitas Al-Azhar Indonesia. Analisis ini menilai hubungan Jokowi dan Nasional Demokrat sedang tidak baik-baik saja.

"Saya melihat kalau hubungan NasDem dengan Joko Widodo sedang tidak baik-baik saja," kata Ujang Komarudin, Sabtu 12 November 2022.

Menurut Ujang Komarudin, bisa saja tak ada ucapan dan absennya Jokowi di HUT NasDem, karena pencapresan oleh NasDem terhadap Anies Baswedan.

Selain itu Presiden Jokowi juga tengah mengikuti beberapa agenda di luar negari, pertemuan delegasi dari berbagai negara seperti KTT Asean dan pertemuan lainnya.

Hanya saja sebut Ujang Komarudin, ketihadiran Jokowi seakan-akan kode bahwa hubungan Nasdem dan Jokowi sedang kurang sehat. Walau begitu sambungnya, dalam politik perkara tersebut hal biasa terjadi.

"Hubungan kadang-kadang baik kadang tidak, kadang naik kadang turun, kadang panas kadang adem, gitu kadang sedang rangkul-rangkulan kadang jadi lawan," tutur Ujang melansir dari Suaracom.

Hubungan sedang tidak baik-baik saja menurut pantauan analis politik itu, bukan kali pertama terjadi dengan partai politik. Ini pernah terjadi era Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) dengan Partai Bulan Bintang (PBB).

Kemesraan Jokowi dan NasDem memang sangat mesra di periode pertama, berkemungkinan di periode kedua tak ada ending.

Baca Juga: HUT ke-11 Liga Mahasiswa NasDem di Sumbar, Budi Ramadhon: Menguatkan Perjuangan

"Berkemungkinan ada problem yang kemudian terlihat berjarak dari kedua sisi, baik itu
Jokowi maupun Surya Paloh atau pun NasDem," tutupnya. [*]

Dapatkan update berita terkini, seputar peristiwa, olahraga, hiburan, lifestyle, tekno dan film setiap hari dari Teraskabar.com di Google News.

Baca Juga

Daddy Fatria resmi sebagai Ketua Badan Rescue NasDem Sumbar, setelah Ketua DPW Partai NasDem Sumatera Barat Fadly Amran mengeluarkan SK pengesahan strukturd an susunan pengurus, 16 November 2022.
Daddy Fatria Komandoi Badan Rescue NasDem Sumbar
Garda Pemuda NasDem (GPND) Sumbar mengapresiasi kerja Satreskrim Polresta Padang dalam mengungkap kasus eksploitasi seksual komersial anak di Padang. Hal itu kata Wakil Ketua Garda NasDem Sumbar, Aliyas Candra, Senin (7/11/2022).
DPW Garda Pemuda NasDem (GPND) Sumbar Bagikan 100 Bibit Tanaman Buah di Tiga Kecamatan Padang
Data terbaru (update) jumlah korban meninggal dunia gempa bumi Cianjur, Jawa Barat, Selasa (29/11/2022) bertambah. BNPB mencatat 327 jiwa orang, setelah empat jenazah kembali di temukan di lokasi pencarian.
[UPDATE] 327 Jiwa Orang Meninggal Dunia Pasca Gempa Cianjur
Sumbar Bukan Provinsi Intoleran, Ketum PGI: ABS SBK Buka Ruang Bagi Berbeda Suku-Agama. Pdt. Gomar Gultom, M.Th terpukau falsafah Minangkabau
Sumbar Bukan Provinsi Intoleran, Ketum PGI: ABS SBK Buka Ruang Bagi Berbeda Suku-Agama
DPW Partai NasDem Sumbar (Sumatera Barat) bersama pengurus DPD, sayap maupun badan bersiap sambut capres Anies Baswedan di Sumbar
DPW Partai NasDem Sumbar Siap Sambut Capres Anies Baswedan
Seorang pria di Padang, Sumatera Barat jadi korban kecelakaan hingga motor hilang, Jumat 25 November 2022. Ia pun baru sadar motornya raib setelah warga menyelamatkan nyawanya ke rumah sakit.
Tawuran Padang: Cowok Ini Jadi Korban Sampai Motor Tercuri