Hari Ini KPU Beritahu Nomor Urut Partai Politik Ikut Pemilu 2024

Komisi Pemilihan Umum (KPU) bakal beritahu hari ini nomor urut partai peserta pemilihan umum (Pemilu 2024), Rabu (14/12/2022).

Deputi Bidang Dukungan Teknis Eberta Kawima menerima audiensi Ketua dan Anggota Komisi I DPRD Kota Tomohon Bidang Pemerintahan Hukum dan HAM, Provinsi Sulawesi Utara, dalam rangka konsultasi terkait materi Peraturan KPU yang mengatur daerah pemilihan (dapil) di kantor KPU, Kamis (8/12/2022). [Foto: KPU RI]

Teraskabar.com - Komisi Pemilihan Umum (KPU) bakal beritahu hari ini nomor urut partai peserta pemilihan umum (Pemilu 2024), Rabu (14/12/2022).

Ketua Divisi Teknis KPU RI Idham Holik mengatakan, bagi partai peserta pemilu 2019 yang melampaui angka parliamentary threshold diberi pilihan untuk ikut dalam undian atau tetap dengan nomor urut sebelumnya.

"Bagi parpol peserta Pemilu 2024 yang pernah menjadi peserta Pemilu pada 2019 lalu, dan memperoleh perolehan suara yang melampaui angka parliamentary threshold itu diberikan dua pilihan," kata Idham saat dihubungi wartawan pada Selasa (14/12/2022) kemarin.

"Pertama dapat menggunakan nomor urut peserta Pemilu pada tahun 2019 lalu atau mengikuti pengundian nomor urut peserta Pemilu 2024 yang baru," sambungnya.

Baca Juga: Kader PAN Sambut Anies Baswedan di Padang, Ini Kata Zulkifli Hasan

Sementara bagi partai peserta pemilu yang tidak melampaui ambang batas parliamentary threshold diharuskan mengikuti undian untuk menentukan nomor urutnya. Pengundian dilakukan bersamaan dengan partai politik baru yang lolos mengikuti Pemilu 2024.

"Bagi parpol peserta pemilu sebelumnya, tapi tidak melampaui angka parliamentary threshold, maka akan mengikuti pengundian nomor urut bersama pada 14 Desember 2022 bersamaan dengan parpol baru," katanya menambahkan.

Sumber Artikel : suara.com

Dapatkan update berita terkini, seputar peristiwa, olahraga, hiburan, lifestyle, tekno dan film setiap hari dari Teraskabar.com di Google News.

Baca Juga

Teraskabar.com- Ridwan Kamil, Gubernur Jawa Barat resmi menjadi kader dari partai politik Golongan Karya (Golkar). Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto resmi mengumumkan mantan Walikota Bandung berlambang pohon beringin itu.
Ridwan Kamil Jadi "Tukang Pikat" Pemilih Usai Jadi Kader Golkar
NasDem dan Parpol Lainnya Tolak Pemilu Porporsipnal Tertutup. Ketum Partai NasDem Surya Paloh melalui Waketum NasDem Ahmad Ali, (8/1/2023)
Sikap NasDem dan Parpol Lainnya Tolak Pemilu Proporsional Tertutup
Elektabilitas Ganjar Pranowo Tinggi, PDI Perjuangan Padang Sumbar Ikut Megawati Puan Maharani bakal calon presiden Pilpres 2024. Sumbar lurus
Elektabilitas Ganjar Pranowo Tinggi, Albert: PDI Perjuangan Padang Ikut Megawati
Galau calon anak daro Anies Baswedan di Pilpres 2024, siapa bakal cawapres. Ketua DPP Partai NasDem, Willy Aditya bukan kawin yang dipaksa.
Galau Calon Anak Daro Anies Baswedan, Willy Aditya NasDem: Bukan Kawin yang Dipaksa
Pindah ke PPP "Saya patuh dan tegak lurus dengan keputusan partai dan ketua umum Pak Prabowo," kata Sandiaga Uno, karena kecium Gerindra.
Kecium Gerindra, Sandiaga Uno Buru-Buru Keluarkan Bantahan
Isu reshuffle menteri di Kabinet Indonesia Maju (KIM) era Presiden Jokowi, banyak partai politik atau parpol rebutan ingin masuk dalam formasi kerja kepala negara Indonesia. Salah satunya, Partai Amanat Nasional (PAN).
Reshuffle Menteri: Ramai Partai Rebutan Masuk, PAN Ogah Tinggal