Hari Batik Nasional: Bandung Show Batik Ukuran 40x6 Meter

Hari Batik Nasional: Bandung Show Batik Ukuran 40x6 Meter

Pemkot Bandung (Dekranasda Kota Bandung) dengan Batik Komar, dan Hotel Pullman dan Ibis Styles Bandung Grand Central gelar pameran batik berukuran khas raksasa. [Foto: Diskominfo Kota Bandung]

Teraskabar.com - Memperingati Hari Batik Nasional 2022, Kota Bandung show batik berukuran 40x6 meter yang terbentang di Bandung, Jawa Barat, Minggu (2/10/2022).

Dua batik dengan berukuran raksasa 450 meter tersebut tampil saat Hari Batik Nasional dengan mengangkat tema Pesona Batik Bandung.

Batik tersebut atas kolaborasi Pemkot Bandung (Dekranasda Kota Bandung) dengan Batik Komar, dan Hotel Pullman dan Ibis Styles Bandung Grand Central.

Motif atau corak kain batik tersebut adalah flora dan fauna, yakni burung cangkurileung dan bunga patrakomala sebagai ikon Kota Bandung.

"Harapan kami, kegiatan ini dapat mewujudkan kolaborasi produktif yang dapat menggerakan ekonomi kreatif Kota Bandung, dapat menyejahterakan warganya," Ketua TP PKK Kota Bandung Yunimar Mulyana, Sabtu (1/10/2022).

Sambungnya, "Bisa juga menjadi media promosi Batik Bandung dengan motif khas bunga patrakomala dan burung cangkurileung".

Menurut Dekranasda Bandung, pembentangan Pesona Batik Bandung salah satu momen penting, untuk menjadikan batik sebagai pakaian sehari-hari dan menjadi bagian dari gaya hidup masyarakat Kota Bandung.

Galeri Patrakomala baru-baru ini pun hadir, dan siapa pun dapat melihat sejumlah katalog pakaian batik dan lainnya, di Jalan Jakarta No. 34.

Wisatawan juga dapat melihat galeri Salapak Microshop di Jalan Ir. H. Djuanda, Galeri Dekranasda di Mal Pelayanan Publik dan Gerai Pelayanan Publik Sumarecon.

"Terbaru, kami juga membuat Galeri Dekranasda Metaverse sebagai bentuk adaptasi perkembangan teknologi," ujarnya.

Pemilik Batik Komar, Komaruddin Rudiya menjelaskan batik adalah simbol peradaban.

"Para leluhur ini mengumpulkan nilai spiritualitas yang ada di dalam dirinya lalu menuangkan ke dalam motif batik,” ujarnya.

Komar menjelaskan proses kreatif pembuatan Batik Bandung menyita waktu seminggu dengan melibatkan 12 pekerja seni.

Baca Juga: 2 Oktober Hari Apa, Berikut Sejarah Warisan Budaya

"Pesona Batik Bandung merupakan upaya menampilkan keindahan batik di ruang terbuka, agar masyarakat lebih menghargai warisan budaya milik Indonesia ini," kata General Manager Hotel Pullman dan Ibis Styles Bandung Grand Central, Dominique A. Albero. [*]

Dapatkan update berita terkini, seputar peristiwa, olahraga, hiburan, lifestyle, tekno dan film setiap hari dari Teraskabar.com di Google News.

Baca Juga

Insiden bom bunuh diri di Mapolsek Astana Anyar (Astanaanyar), Kota Bandung, Jawa Barat mendapat kecaman PBNU. Suleman Tanjung: Agama
PBNU Kecam Aksi Bom Bunuh Diri di Astana Anyar, Suleman Tanjung: Agama Manapun Tidak Membenarkan
2 Oktober Hari Apa, Berikut Sejarah Warisan Budaya
2 Oktober Hari Apa, Berikut Sejarah Warisan Budaya
Muhammad David Mawardi terpilih sebagai Ketua Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Kabupaten Padang Pariaman
Muhammad David Mawardi Nakhodai KNPI Padang Pariaman
Door to Door: Badan Rescue NasDem dan Garnita Ulurkan Bantuan Korban Banjir Padang
Door to Door: Badan Rescue NasDem dan Garnita Ulurkan Bantuan Korban Banjir Padang
Teraskabar.com- Telkomsel umumkan pemenang Lucky Draw 2022. Poin Festival Lucky Draw 2022 berbagi 5 mobil mewah persembahan Telkomsel.
Menangkan 5 Mobil Mewah: Telkomsel Umumkan Pemenang Lucky Draw 2022
Sadis! Ponakan Sikat Paman Hingga Tewas, Bikin Satreskrim Polres Pesisir Selatan Berburu
Sadis! Ponakan Sikat Paman Hingga Tewas, Bikin Satreskrim Polres Pesisir Selatan Berburu