Harga iPhone 14 Pro Max 16 Juta, Biaya Produksi Hanya 7,7 Juta

Teraskabar.com - Apple rela menghabiskan dana untuk varian iPhone 14 Pro Max, dengan menghadirkan sejumlah fitur terbaru nan mumpuni. Menurut laporan Nikkei Asia bersama perusahaan riset Fomalhaut Techno Solutions, biaya produksi iPhone 14 Series melonjak 20 persen dari pada generasi sebelumnya.

Dari catatan Nikkei Asia dan Fomalhaut Techno Solutions biaya harga produksi capai Rp 7,7 juta, dengan kurs Rp 15.392,9 atau USD 501. Biaya tersebut USD 60 dolar lebih tinggi dari harga produksi iPhone 13 Pro Max yang muncul tahun 2021.

Ngerinya lagi, biaya produksi iphone versi Pro Max salah satu rekor tertinggi dari biaya produksi iPhone seri, atau berada pada titik angka USD 400 sampai 450 sejak lahir 2018 silam.

Baca Juga: Marker: Robot Militer Rusia, Teknologi Baru dan Masa Depan

Biaya pengeluaran produksi berbanding dengan harga jual, yakni untuk iPhone 14 Pro Max seharga Rp 16,9, dengan kurs Rp 15.392,9 (USD 1.099) di Amerika Serikat.

Kausa Biaya Produksi iPhone 14 Pro Max Tinggi

Apple rela menghabiskan dana untuk varian iPhone 14 Pro Max, harga iPhone 14 Pro Max 16 juta sedangkan biaya produksi hanya 7,7 Juta
iPhone 14 Series di Apple Store di Orchard Road, Singapura. [Foto: Apple]

Salah satu kausa yang membuat biaya produksi iphone 14 pro max tinggi karena sematan prosesorApple A16 Bionic. Chipset itu telah melekat pada iPhone 14 Pro maupun iPhone 14 Pro Max.

Harga chipset itu 110 dolar AS, 2,4 lebih mahal daripada cip A15 Bionic yang dipakai iPhone 13 Pro Max tahun lalu. Tak sampai di sana saja, ada peningkatan layar dan sensor kamera.

Sehingga turut memberi kontribusi pembengkakan harga terhadap produks iPhone 14 Pro Max.

Laporan Fomalhaut mengonfirmasi

Apple mengonfirmasi setelah Fomalhaut bertanya, kalau pihaknya memakai sensor CMOS baru keluaran Sony berukuran 30 persen, lebih besar dan sekitar 50 persen lebih mahal dari sebelumnya.

Baca Juga: Apa itu DLSS? Teknologi Grafis Bertenaga AI NVIDIA

Justru itu yang membuat harganya tinggi seperti pada Dynamic Island, fitur Crash Detection, e-SIM bukan di Indonesia tapi di Amerika Serikat. Adapun sensor kamera 48 MP. [*]

Dapatkan update berita terkini, seputar peristiwa, olahraga, hiburan, lifestyle, tekno dan film setiap hari dari Teraskabar.com di Google News.

Baca Juga

Harga HP ZBook Fury 17 G8 dan 7 Laptop Terbaik Untuk Desain Grafis 2023
Harga HP ZBook Fury 17 G8 dan 7 Laptop Terbaik Untuk Desain Grafis 2023
Teraskabar.com - Jam tangan Apple (Watch) kini dapat berfungsi sebagai kunci Tesla kamu. Walau tanpa internet, kamu dapat membuka mobil kamu yang bermerek Tesla.
Tanpa Internet, Apple Watch Bisa Buka Mobil Tesla Kamu
WhatsApp meluncurkan server proxy terbaru, dengan pembaruan terkini itu memungkinkan Aplikasi WhatsApp bisa terus menyala meskipun tanpa sinyal internet.
WhatsApp Luncurkan Server Proxy Terbaru, Ini Fungsi dan Cara Kerja WA
BMW kali ini dengan tegas menolak tawaran dari Apple, perusahaan teknologi multinasional yang berpusat di Cupertino, California yang baru saja mendapat denda dari CNIL.
BMW Cegah Apple atau Google Kuasai Perusahaan Otomotif Mereka
Begini cara jualan token non-fungible (NFT) di Apple App Store. Apple Inc memang dalam pekan terakhir melakukan pembaruan, agar para pengguna dapat terlindung dan menjaga data konsumen.
Gegara Ini Apple Kena Denda 132,6 Miliar
Harga laptop Chromebook 516 GE, review Acer lengkap desain dan tampilan, performa baterai dan cocok buat gamer, spesifikasi Acer Chromebook
Harga Laptop Acer Chromebook 516 GE, Lengkap Review Desain dan Tampilan, Performa Baterai