Ekonomi Ukraina Anjlok, Bank Dunia Kucurkan Uang $500 Juta

Bank Dunia mencairkan dana sebesar $500 juta atau setara Rp. 7,778,650,000,000.- (pasar mata uang-red) untuk menolong Ukraina, anjlok 35 %

Bantuan dana [Foto: Ilustrasi/Canva]

Teraskabar.com - Berita terbaru hari ini, Bank Dunia mencairkan dana sebesar $500 juta atau setara Rp. 7,778,650,000,000.- (pasar mata uang-red) untuk menolong Ukraina.

Bantuan World Bank alias Bank Dunia terhadap Ukraina demi menopang ekonomi negara tersebut yang terpuruk atas invasi Rusia.

Bantuan dana sebesar 500 juta dolar tersebut sebagai dukungan dari Bank Internasional untuk Rekonstruksi dan Pembangunan (IBRD) terhadap Ukraina, biaya rehab rekon tersebut berasal dari pinjaman Inggris, 30 September 2022.

Selain itu kucuran dana dari Bank Dunia terhadap Ukraina berada di bawah pengawasan PEACE (Proyek Pengeluaran Publik untuk Ketahanan Kapasitas Administratif).

"Invasi Rusia terus menyebabkan kehancuran besar bagi infrastruktur Ukraina, termasuk jaringan air, sanitasi, dan listrik. Musim dingin segera tiba dan berdampak bencana bagi rakyat negara tersebut," kata Presiden Grup Bank Dunia David Malpass.

David Malpass melanjutkan, bantuan dana World Bank merupakan bantuan untuk memperbaiki layanan bagi masyarakat umum termasuk pemerintahan di sana.

"Kami berdiri teguh untuk mendukung rakyat Ukraina saat mereka menghadapi krisis yang tak tertandingi ini," tegas Presiden Grup Bank Dunia.

Baca Juga: Indonesia Hadapi Ketidakpastian Ekonomi Global, Menkeu Tawarkan Solusi

Hingga saat ini, Bank Dunia telah mengirim dana darurat sebesar $13 miliar untuk Ukraina, termasuk komitmen dan janji dari para pendonor, sekurangnya sudah $11,4 miliar telah cair.

Ekonomi Ukraina Alami Kontraksi 35 Persen

Bantuan ini memungkinkan negara Ukraina di bawah kepemimpinan Volodymyr Zelenskyy dapat tertolong ekonominya. Guna pemenuhan kebutuhan pangan masyarakat dan juga pemerintah negara setempat akibat perang.

Pada bulan September, Bank Dunia, Pemerintah Ukraina, dan Komisi Eropa merilis analisis kebutuhan rekonstruksi dan pemulihan Ukraina.

Rapid Damage and Needs Assessment (RDNA) memperkirakan total biaya menjadi $349 miliar per 1 Juni 2022. Angka ini terus bertambah seiring dengan berlanjutnya perang.

Baca Juga: Barclays Luncurkan Cashback Gratis Seluruh Inggris

Menurut pembaruan ekonomi terbaru Bank Dunia, ekonomi Ukraina diproyeksikan mengalami kontraksi sebesar 35 persen tahun ini.

"Kami juga memperkirakan jumlah orang yang hidup dalam kemiskinan di Ukraina akan meningkat menjadi sekitar 25 persen pada akhir tahun ini, bila membandingkan data sebelum invasi Rusia 2 persen," papar RDNA.

Dapatkan update berita terkini, seputar peristiwa, olahraga, hiburan, lifestyle, tekno dan film setiap hari dari Teraskabar.com di Google News.

Baca Juga

Teraskabar.com - Dampak perang Rusia-Ukraina membuat transisi energi di Indonesia tidak stabil. Hal itu kata Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto. "Perlu langkah-langkah dari SKK Migas dengan menyikapi iklim investasi, serta pengaruh global," kata Airlangga Hartarto saat 3rd International Oil and Gas Conference (IOG 2022) yang berlangsung secara hybrid di Bali Nusa Dua Convention Center, Bali.
Efek Perang Rusia-Ukraina: Indonesia Cari Akal Soal Investasi Hulu Migas
Kevin Conroy Batman merupakan pengisi suara tokoh karakter komik Batman, produksi 60 proyek hiburan, antara lain 15 film dan 400 episode
Wariskan Suara Batman, Kevin Conroy Berhasil Produksi 60 Proyek Hiburan
Cadangan devisa Jepang di Oktober 2022 benar-benar anjlok setelah September di tahun ini juga mengalami hal yang sama.
Cadangan Devisa Jepang Anjlok di Tengah Intervensi Mata Uang Asing
Marginal efficiency of capital sangat berpengaruh terhadap pertumbuhan pendapatan suatu negara. Apabila suatu negara lebih aktif bergantung terhadap negara lain.
Pengaruh Marginal Efficiency of Capital terhadap Resesi Ekonomi
Baru-baru ini Izola Bank telah mengumumkan peluncuran aplikasi Izola Saver mobile di selular. Sehingga bisa investasi langsung buat pelanggan secara fleksibel untuk menabung dan menyimpan.
Izola Bank Luncurkan Aplikasi Izola Saver Mobile, Mudahkan Nasabah Berinvestasi Langsung
DANA dan A+ Rewards mengajak nasabah atau masyarakat jelajah ‘Universeru 11.11’ yang berlangsung sejak 4 – 11 November 2022. Universeru 11.11 merupakan bagian dari Hari Belanja Nasional (Harbolnas) yang jatuh di bulan November tahun ini.
Harbolnas 2022, DANA A+ Rewards Hadirkan Hadiah 5 Gram Emas, Lengkap Keuntungan