Efek Rokok dan Vape Picu Kerusakan Disfungsi Endotel Manusia

Merokok maupun vaping menurut peneliti dapat menurunkan kesehatan, dan bisa menyebabkan disfungsi endotel. Efek rokok dan rokok elektrik

Ilustrasi tangan memegang sebatang rokok [Foto: Kariadil Harefa]

Teraskabar.com - Merokok maupun vaping menurut peneliti dapat menurunkan kesehatan, dan bisa menyebabkan disfungsi endotel. Kata profesor kedokteran Matthew. L. Springer, Ph.D, di divisi kardiologi University of California, San Francisco.

Ia bersama tim peneliti lainnya meneliti efek rokok terhadap manusia dan tikus. Dari penelitian itu mereka menemukan bahwa efek kardiovaskular dari rokok dan rokok elektrik sangat mirip.

Terdapat efek bahaya pada fungsi pembuluh darah dan memicu iritasi saluran napas. Karena menghirup zat asing, bukan komponen spesifik dari asap rokok atau uap e-rokok (aerosol).

Efeknya juga bisa terjadi disfungsi endotel, ketidakmampuan pembuluh darah besar untuk memasok darah yang cukup ke jantung dan jaringan lain.

"Ini bisa menjadi prediktor awal penyakit kardiovaskular. Sel-sel endotel melapisi bagian dalam semua pembuluh darah dan mengatur pembukaan pembuluh darah, pertukaran zat antara aliran darah dan jaringan sekitarnya, dan respons imun dan inflamasi," jelas Matthew. L. Springer, dalam jurnal American Heart Association Arteriosclerosis, Thrombosis and Vascular Biology (ATVB).

Springer menerangkan, ribuan bahan kimia telah teridentifikasi dalam asap tembakau, beberapa di antaranya juga ada dalam aerosol e-rokok. Baik sebagai bahan asli atau sebagai produk reaksi kimia dari proses pemanasan.

"Kami berusaha menemukan komponen spesifik dari asap atau uap rokok elektrik sebagai pemicu atas ketidakmampuan pembuluh darah dalam bekerja secara efisien," katanya.

Penurunan Fungsi Endotel Akibat Asap Rokok

Penelitian terhadap tikus terkait dampak dari rokok dan vape, arteri flow-mediated dilation (FMD), yang merupakan kemampuan pembuluh darah. Mereka mengukur sebelum dan sesudah terpapar asap dari empat jenis rokok tradisional yang mudah terbakar.

Menghasilkan analisis, bahwa terjadi pengurangan pelebaran pembuluh darah setelah penggunaan keempat jenis rokok. Dengan tingkat pengurangan antara 20-46 persen.

Springer menekankan, yang lebih parahnya adalah ketika mengisap rokok jenis menthol, dan atau menambahkannya pada rokok elektrik. Teryata ini sangat parah, dengan hasil menunjukkan bahwa menthol adalah aditif yang dapat menurunkan imun tubuh.

"Kami terkejut, setelah menemukan bahwa bukan bahan asing tertentu yang dihirup yang menyebabkan efek kardiovaskular. Jelas, ini adalah fakta, semua produk yang dihirup cenderung memiliki efek berbahaya yang serupa pada fungsi pembuluh darah," jelas Springer.

Baca Juga: Gagal Ginjal Akut Sebanyak 20 Kasus RSUP M. Djamil Padang, Ini Kata Dinkes

Penelitian efek merokok dan vaping merugikan kesehatan, apalagi saat menggunakan produk (tradisional dan elektrik-red) berdampak buruk, mendapat dukungan dari dana hibah Institut Jantung, Paru-Paru, dan Darah Nasional.

Sekaligus dari Elfenworks Foundation, (Deb O'Keefe) dan Roy E Thomas Medical Foundation.

Dapatkan update berita terkini, seputar peristiwa, olahraga, hiburan, lifestyle, tekno dan film setiap hari dari Teraskabar.com di Google News.

Baca Juga

Garda Pemuda NasDem (GPND) Sumbar mengapresiasi kerja Satreskrim Polresta Padang dalam mengungkap kasus eksploitasi seksual komersial anak di Padang. Hal itu kata Wakil Ketua Garda NasDem Sumbar, Aliyas Candra, Senin (7/11/2022).
DPW Garda Pemuda NasDem (GPND) Sumbar Bagikan 100 Bibit Tanaman Buah di Tiga Kecamatan Padang
Data terbaru (update) jumlah korban meninggal dunia gempa bumi Cianjur, Jawa Barat, Selasa (29/11/2022) bertambah. BNPB mencatat 327 jiwa orang, setelah empat jenazah kembali di temukan di lokasi pencarian.
[UPDATE] 327 Jiwa Orang Meninggal Dunia Pasca Gempa Cianjur
DPW Partai NasDem Sumbar (Sumatera Barat) bersama pengurus DPD, sayap maupun badan bersiap sambut capres Anies Baswedan di Sumbar
DPW Partai NasDem Sumbar Siap Sambut Capres Anies Baswedan
Seorang pria di Padang, Sumatera Barat jadi korban kecelakaan hingga motor hilang, Jumat 25 November 2022. Ia pun baru sadar motornya raib setelah warga menyelamatkan nyawanya ke rumah sakit.
Tawuran Padang: Cowok Ini Jadi Korban Sampai Motor Tercuri
Empat (4) polisi menumpang helikopter NBO Polri tipe 105 dengan nomor registrasi P-1103 hilang sebelum ditemukan di Bangka Belitung Timur
Kronologis Helikopter NBO Polri Tipe 105 Hilang di Belitung Timur
Jenazah seorang NBO 105 yang diduga merupakan awak helikopter Polri ditemukan di dekat Pantai Bird Mandi di Bangka Belitung.
Jenazah Diduga ABK Helikopter Polri Ditemukan di Pantai Bangka Belitung Timur