Efek Perang Rusia-Ukraina: Indonesia Cari Akal Soal Investasi Hulu Migas

Teraskabar.com - Dampak perang Rusia-Ukraina membuat transisi energi di Indonesia tidak stabil. Hal itu kata Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto. "Perlu langkah-langkah dari SKK Migas dengan menyikapi iklim investasi, serta pengaruh global," kata Airlangga Hartarto saat 3rd International Oil and Gas Conference (IOG 2022) yang berlangsung secara hybrid di Bali Nusa Dua Convention Center, Bali.

Ilustrasi kegelisahan masyarakat terkait industri biodiesel di Indonesia. [Foto: Transisi Energi/Facebook]

Teraskabar.com - Dampak perang Rusia-Ukraina membuat transisi energi di Indonesia tidak stabil. Hal itu kata Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto.

"Perlu langkah-langkah dari SKK Migas dengan menyikapi iklim investasi, serta pengaruh global," kata Airlangga Hartarto saat 3rd International Oil and Gas Conference (IOG 2022) yang berlangsung secara hybrid di Bali Nusa Dua Convention Center, Bali.

Dampak pengaruh perang Rusia-Ukraina terjadi harga tinggi, mulai dari gas mapun Bahan Bakar Minyak (BBM) di dalam negeri.

Justru itu kata Airlangga Hartarto, transisi energi harus dihadapi bersama. "Pemerintah dorong investasi hulu migas tetap berjalan kondusif. Supaya ada peningkatan produksi, maka berbagai kebijakan harus ada untuk mendorong minat investasi," paparnya.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto membongkar rahasia utama dari pertemuan KTT G20, bahwa ada kesepakatan bersama antara kepala negara di berbagai bidang, termasuk energi.

"Transisi energi masuk dalam pembicaraan dan salah satu kesimpulan untuk capai energi ramah lingkungan," katanya.

Sementara itu melansir data dari Dana Moneter Internasional (IMF), memprediksi kalau pertumbuhan ekonomi global 3,2 persen akan tertekan di 2023 pada angka 2,7 persen. IMF juga menyebut kalau inflasi di tahun 2022 8,8 persen, dan turun secara global di angka 6,5 persen di 2023.

Baca Juga :Harga BBM Turun, Simak Perbandingan di SPBU Pertamina, BP-AKR, Vivo dan Shell

Prediksi dari IMF tersebut, Indonesia mencatatkan pertumbuhan ekonomi mencapai 5,7 persen di triwulan ketiga tahun 2022. Kemudian inflasi menurun dari 5,9 periode Agustus seiring kenaikan BBM saat itu,, tercatat di angka 5,7 persen pada bulan Oktober.

“Berdasar data tersebut Indonesia salah satu negara the brights spot," pungkas Airlangga. [*]

Dapatkan update berita terkini, seputar peristiwa, olahraga, hiburan, lifestyle, tekno dan film setiap hari dari Teraskabar.com di Google News.

Baca Juga

%%sitename%% Baby Shima mengejutkan penggemar lantaran tidak bisa goyang lagi. mendapat perundungan secara verbal dari netizen
Tak Separah Dewi Perssik, Baby Shima Ngak Goyang Lagi, Kenapa?
Pengerjaan Kereta Cepat Jakarta Bandung mengalami perbedaan hitungan investasi alias overrun antara pemerintah Indonesia dan China.
Biaya Kereta Cepat Jakarta Bandung Membengkak, Harga China Rendah
Marginal efficiency of capital sangat berpengaruh terhadap pertumbuhan pendapatan suatu negara. Apabila suatu negara lebih aktif bergantung terhadap negara lain.
Pengaruh Marginal Efficiency of Capital terhadap Resesi Ekonomi
Baru-baru ini Izola Bank telah mengumumkan peluncuran aplikasi Izola Saver mobile di selular. Sehingga bisa investasi langsung buat pelanggan secara fleksibel untuk menabung dan menyimpan.
Izola Bank Luncurkan Aplikasi Izola Saver Mobile, Mudahkan Nasabah Berinvestasi Langsung
DANA dan A+ Rewards mengajak nasabah atau masyarakat jelajah ‘Universeru 11.11’ yang berlangsung sejak 4 – 11 November 2022. Universeru 11.11 merupakan bagian dari Hari Belanja Nasional (Harbolnas) yang jatuh di bulan November tahun ini.
Harbolnas 2022, DANA A+ Rewards Hadirkan Hadiah 5 Gram Emas, Lengkap Keuntungan
Ketahanan pangan, pertanian dan peternakan menjadi prioritas kerja sama antara pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tanah Datar dan pemerintah Kabupaten (Pemkab Bungo. Tiga prioritas itu sah lewat penandatanganan bersama di Kantor Bupati Tanah Datar Sumbar Jumat (4/11/2022).
Pemkab Tanah Datar dan Bungo Sinergi Ketahanan Pangan