Dua Jurnalis Independen Bagi Tips Kembangkan YouTube Creator

Teraskabar.com - Pada Agustus 2021, Google News Initiative menghadirkan YouTube Creator Program for Independent Journalists. Dua jurnalis dari Indonesia, Aidil Ichlas dan Marcel Thee, terpilih untuk mengikuti program ini.

Aidil Ichlas dan Marcel Thee terpilih mengikuti YouTube Creator Program for Independent Journalists. (Foto: Google News Initiative]

Teraskabar.com - Pada Agustus 2021, Google News Initiative menghadirkan YouTube Creator Program for Independent Journalists. Dua jurnalis dari Indonesia, Aidil Ichlas dan Marcel Thee, terpilih untuk mengikuti program ini.

Sebagai konten kreator di YouTube, Aidil dan Marcel mendapatkan pelatihan dan tips untuk mengembangkan kanal mereka. Menampilkan berbagai konten berita menarik dan terpercaya. Setelah satu tahun mendapatkan pendampingan, mereka pun kini lebih mengetahui bagaimana cara yang tepat untuk memasarkan konten video agar berita yang disajikan dapat terdistribusi dengan baik.

Konten Monograph: Dokumenter Isu Sosial di Indonesia

Marcel, pendiri kanal Monograph, menjelaskan pentingnya konsistensi dalam memproduksi konten yang berkualitas. Selama masa pendampingan, Marcel pun sudah membuat beberapa video dokumenter.

Salah satunya video bertajuk HIV+ individuals break stereotype with healthy lifestyle. Marcel mengangkat stigma yang melekat pada orang yang hidup dengan HIV di Indonesia.

"Saya berusaha mengejar proses produksi yang lebih cepat dan juga lebih konsisten dalam kualitas dan jarak waktu,” ujar Marcel mengutip dari indonesia.googleblog, Kamis (5/10/2022).

Konten INTERES: Dokumenter Isu Kebudayaan

Aidil, yang memiliki kanal bernama INTERES yang fokus kepada penyajian konten berita dan pembahasan kebudayaan di Sumatera Barat. Juga merasakan bagaimana program ini menambah kemampuan jurnalistik dalam memproduksi konten video yang menarik, berkualitas, bermanfaat untuk orang banyak, juga inklusif.

Tidak tanggung-tanggung, selama masa pendampingan Aidil telah menciptakan 45 konten video untuk kanalnya.

Materi tentang bagaimana membangun branding sangatlah bermanfaat. Saya mendapatkan tips bagaimana mencari nama kanal, menentukan jenis konten, dan membuat tampilan laman yang enak dilihat, konsisten sehingga bisa menarik perhatian penonton. Saya juga dapat bertukar pengalaman dan pengetahuan dengan para jurnalis independen lainnya,” terang Aidil.

Performa viewers yang menonton konten videonya bertambah. Contohnya untuk video bertajuk Pasca Gempa, 3 Ton Ikan Larangan Mati Mendadak di Pasaman Barat, saat ini sudah ditonton lebih dari 14 ribu kali.

Pada video ini Aidil melaporkan sebanyak tiga ton ikan di Pasaman Barat yang ditemukan mati mendadak dan memperlihatkan upaya warga menyelamatkan ikan yang masih hidup.

Baca Juga: Google Tutup Layanan Translate di China, Gmail di Banned

"Selama masa pendampingan saya menyadari pentingnya memaksimalkan pemasaran konten pasca produksi. Misalnya pemakaian thumbnail, penggunaan fitur translate, hingga penambahan tagar,” tutup Aidil. [*]

Dapatkan update berita terkini, seputar peristiwa, olahraga, hiburan, lifestyle, tekno dan film setiap hari dari Teraskabar.com di Google News.

Baca Juga

Antusiasme Rakyat Sumbar Sambut Anies Baswedan Tinggi
Antusiasme Rakyat Sumbar Sambut Anies Baswedan Tinggi
WALHI Sumbar menyorot daerah kawasan bencana di dua kelurahan Bungus Teluk Kabung, Padang. Yoni Candra: Wali Kota Padang tidak aspiratif %
Dua Kelurahan Bungus Teluk Kabung Terancam Bencana, Yoni Candra: Walikota Padang Tidak Aspiratif
Jelang safari politik Anies Baswedan ke Sumatera Barat. Wasekjen Bidang Pemenangan Pemilu Jakfar Sidik meninjau sejumlah titik kunjungan calon presiden 2024, Jumat (2/12/2022). "Anies datang untuk masyarakat Sumatera Barat. Ini semacam Salam Pasambahan dari Partai NasDem untuk seluruh penduduk di ranah tacinto ini," ujar Jakfar.
Anies Baswedan untuk Rakyat Sumbar, Jakfar Sidik: NasDem Pastikan Meriah
Sambut kedatangan Anies Baswedan di Sumbar, sebanyak 35 ribu kupon untuk agenda seperti jalan sehat bersama Anies habis, kata Ka'bati selaku koordinator kehumasan acara penyambutan Anies Baswedan, Kamis (1/12/2022).
Puluhan Ribu Warga Siap Sambut Anies Baswedan di Sumbar, Ka'bati: 35 Ribu Kupon Habis
Teraskabar.com - Fadli Zon kritik sejumlah lembaga survei yang melakukan survei terhadap elektabilitas kandidat calon presiden, termasuk dalam hal ini Prabowo Subianto.
Eletakbilitas Prabowo Rendah, Fadli Zon Kritik Lembaga Survei Calon Presiden
Layanan Digitalisasi Keuangan Bagi UMKM Sangat Perlu, Ini Kata Pengamat
Layanan Digitalisasi Keuangan Bagi UMKM Sangat Perlu, Ini Kata Pengamat