DPRD Padang Lambat Proses Surat Demokrat Soal Pergantian Wakil Ketua

Pengajuan pergantian Wakil Ketua DPRD Padang oleh DPC Demokrat Padang (Fraksi Demokrat) lambat. Hal itu kata Plt Ketua DPC Demokrat Kota Padang Doni Harsiva Yandra di Padang.

Ketua DPD Partai Demokrat Sumbar, Mulyadi menyerahkan bantuan sembako ke masyarakat Nagari Maek Kecamatan Bukit Barisan, Kabupaten Limapuluh Kota. [Foto: Demokrat Sumbar]

Teraskabar.com - Pengajuan pergantian Wakil Ketua DPRD Padang oleh DPC Demokrat Padang (Fraksi Demokrat) lambat. Hal itu kata Plt Ketua DPC Demokrat Kota Padang Doni Harsiva Yandra di Padang.

DPC Demokrat Kota Padang telah dua bulan mengajukan surat ke DPRD Padang. Namun, hingga Selasa (11/10/2022) belum ada respon dari gedung bundar Jalan Sawahan, Kecamatan Padang Timur itu.

Doni Harsiva Yandra menyampaikan, pihaknya ingin mengganti Ilham Maulana sebagai Wakil Ketua DPRD Padang beralih ke Mukhlis. "Hingga sekarang belum ada tindak lanjut, padahal sudah dua kali menyurati pimpinan dprd," ungkapnya, baru-baru ini.

Doni Harsiva Yandra menjelaskan, pergantian pimpinan DPRD Padang merupakan hak maupun kewenangan partai, bukan PAW. "Kami minta ini segera memprosesnya," katanya.

Surat pengajuan penggantian pimpinan DPRD Padang dari Partai Demokrat tertuang dalam surat 001/EXT/DPD.PD/SB/VII/2022, 22 Juli 2022.

Kemudian surat nomor 07/EXT/DPC.PD/SB/X/2022, 6 Oktober 2022, juga belum ada balasan dan proses.

"Dua bulan sudah masuk ke ketua dprd, tapi tak ada proses sampai saat ini. Sampai kami mengirim surat kedua baru-baru ini," jelas Doni.

Alasan DPC Demokrat Padang Ganti Ilham Maulana

Partai Demokrat mengganti Ilham Maulana, Ketua Partai Demokrat Kota Padang, Sumatera Barat. Partai mengganti Ilham lantaran tersangkut dugaan kasus korupsi dana pokok pikiran DPRD Padang 2020.

Pokok pikiran (Pokir) DPRD Padang tersebut menyangkut bantuan pendidikan, rumah tangga miskin dan modal usaha sebesar Rp1,5 juta per orang.

"Penggantian ini sudah resmi berdasarkan SK DPP partai Demokrat," kata Ketua DPD Partai Demokrat Sumbar, Mulyadi.

SK DPP itu yakni 259/SK/DPP.PD/DPC/VII/ 2022 tentang penunjukan pelaksana tugas ketua DPC Kota Padang Doni Harsiva Putra menggantikan Ilham Maulana.

Kemudian terkait penggantian Wakil Ketua DPRD Padang, Ilham Maulana juga tertuang dalam surat SK DPP Partai Demokrat No 82/ SK/DPP.PDD/VII/2002.

Sesuai SK yang akan menjadi Wakil Ketua DPRD Padang adalah Mukhlis menggantikan Ilham Maulana.

"Alhamdulillah semua sudah tuntas dan selesai. DPC Partai Demokrat Kota Padang sudah diganti dengan pelaksana tugas yang juga Sekretaris DPD Partai Demokrat Sumbar. Dan untuk SK akan dikirimkan surat ke pimpinan DPRD Kota Padang terkait penggantian pimpinan DPRD Padang dari fraksi Demokrat," kata Mulyadi.

Menjawab hal itu Ketua DPRD Padang Syafrial Kani menyampaikan, secara prinsip telah memproses surat dari Partai Demokrat tersebut.

"Saya sudah melakukan disposisi surat itu dan selanjutnya telaah oleh Sekwan DPRD Padang," ungkap Syafrial Kani.

Baca Juga: Kebut Sisa Pembebasan Lahan Tol Padang-Sicincin, 69 Sertifikat Sudah Validasi

Sambung Syafrial Kani, ia akan menindaklanjuti surat tersebut. "Mungkin tersendat dan perlu klarifikasi," jawab Ketua DPRD Padang dari Fraksi Partai Gerindra itu. [*]

Dapatkan update berita terkini, seputar peristiwa, olahraga, hiburan, lifestyle, tekno dan film setiap hari dari Teraskabar.com di Google News.

Baca Juga

Motor Hilang Saat Tawuran, Tim Klewang Polresta Padang Ciduk IRT di Pesisir Selatan
Motor Hilang Saat Tawuran, Tim Klewang Polresta Padang Ciduk IRT di Pesisir Selatan
Seorang pria di Padang, Sumatera Barat jadi korban kecelakaan hingga motor hilang, Jumat 25 November 2022. Ia pun baru sadar motornya raib setelah warga menyelamatkan nyawanya ke rumah sakit.
Tawuran Padang: Cowok Ini Jadi Korban Sampai Motor Tercuri
Ketua DPD Partai NasDem Kota Padang Osman Ayub bersama pengurus dan perwakilan DPW NasDem Sumbar meresmikan kantor DPC Kecamatan Lubuk Kilangan, Kota Padang, Sumatera Barat, Minggu (27/11/2022).
Pengurus DPD NasDem Padang Resmikan kantor dan Pengurus DPC Kecamatan Lubuk Kilangan
Gempa magnitudo 4,6 guncang Muko-Muko Bengkulu, bahkan getarannya terasa di Pesisir Selatan dan Padang, Sumatera Barat, Minggu (27/11/2022).
Gempa Guncang Muko-Muko Magnitudo 4,6: Terasa di Pesisir Selatan dan Padang
Kondisi cuaca di Padang, Sumatera Barat (Sumbar) hingga 23 November 2022, hujan disertai angin kencang. Beberapa titik bencana alam terjadi seperti longsor di kawasan Kecamatan Padang Selatan.
Longsor Bukit Peti Peti Padang Halangi Akses Masyarakat dan Kendaraan
Teraskabar.com - Gubernur Sumatera Barat Mahyeldi menargetkan pembangunan jalan tembus dari Bayang-Alahan Panjang selesai sebelum 2024. "Proses pinjam pakai hutan ke Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan sudah rampung. Tinggal pembangunan fisik. Kita targetkan rampung di 2023," kata Mahyeldi di Bayang, Rabu (19/10/22).
Jalan Kampung Kamu Rusak Lapor di Padang Kiniko