Layanan Digitalisasi Keuangan Bagi UMKM Sangat Perlu, Ini Kata Pengamat

Teraskabar.com - Kepala Kajian Digital Ekonomi LPEM UI, Chaikal Nuryakin mengatakan, bahwa transformasi digital dapat menawarkan efisiensi. Dapat menekan biaya, serta memberikan peluang keuntungan, termasuk pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM).

Alasan berikutnya kenapa digital sangat memudahkan siapa saja, dari segi ekonomi karena dapat menjangkau konsumen, termasuk efisiensi bisnis, serta dapat memonitoring aktivitas usaha.

Menurut Chaikal Nuryakin, ketika UMKM dapat memanfaatkan teknologi digital dalam bisnis. Sudah barang tentu keuntungan akan besar, karena layanan mudah dan praktis.

Selain itu memudahkan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) melakukan pengawasan, sebagai regulator dalam industri jasa keuangan.

Baca Juga: UMKM Sumbar Malagak di Hari Jadi Sumatera Barat, 1 Oktober 2022

Hanya saja kata Chaikal, digital UMKM masih terkendala digitalisasi penyaluran kredit usaha rakyat (KUR). Walau demikian salah satu provinsi di Indonesia tepatnya di Bali telah merealisasikan digitalisasi KUR.

OJK dan Tim Percepatan Akses Keuangan Daerah (TPAKD) Provinsi Bali mengembangkan kurbali.com dengan mengusung tema KUR untuk Semeton Bali.

Kemudian OJK berkolaborasi dengan Tim Percepatan Akses Keuangan Daerah (TPAKD) se-Jawa Tengah melalui aplikasi Srikandi (Sistem Informasi Akses Keuangan Daerah Terintegrasi).

Memudahkan warga mengajukan kredit murah seperti Kredit Usaha Rakyat (KUR)/Pembiayaan Ultra Mikto (Umi)/ kredit atau Pembiayaan Melawan Rentenir (KPMR) yang sedang dalam projekan di Jawa Tengah.

Baca Juga: OJK Banned Investasi Ilegal Sepanjang 2022, Berikut Daftarnya

Lebih jauh, Chaikal Nuryakin menambahkan, dalam mengoptimalkan peran transformasi digital sektor keuangan, perlu dukungan literasi keuangan. Akses internet di masyarakat, serta peningkatan kemampuan mengoperasikan aplikasi jasa keuangan digital.

Selain dari pengawasan yang juga penting, akan tetapi lebih penting literasi keuangan dan literasi digital. Seperti pengelolaan smartphone yang optimal.

"Digitalisasi keuangan sangat perlu bagi masyarakat, dan membutuhkan permintaan yang berimbang dengan penawaran," tutupnya. [*]

Dapatkan update berita terkini, seputar peristiwa, olahraga, hiburan, lifestyle, tekno dan film setiap hari dari Teraskabar.com di Google News.

Baca Juga

Muhammad David Mawardi terpilih sebagai Ketua Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Kabupaten Padang Pariaman
Muhammad David Mawardi Nakhodai KNPI Padang Pariaman
Door to Door: Badan Rescue NasDem dan Garnita Ulurkan Bantuan Korban Banjir Padang
Door to Door: Badan Rescue NasDem dan Garnita Ulurkan Bantuan Korban Banjir Padang
Teraskabar.com - Aksi heroik sopir pick up dan polisi Satlantas Polres Padang Pariman gagalkan aksi jambret di Ampang, Kota Padang mendapat apresiasi dari netizen.
Aksi Heroik Sopir Pick Up Gagalkan Aksi Jambret di Ampang Padang Bareng Polisi Satlantas Padang Pariaman
Ribut Kursi Wawako Padang, Faisal Nasir Sebut Ada Upaya Penggulingan Walikota Hendri Septa. Teraskabar.com - Ada unsur menjatuhkan Wali Kota
Ribut Kursi Wawako Padang, Faisal Nasir Sebut Ada Upaya Penggulingan Walikota Hendri Septa
Usai Tersesat, Edi Pemotor Trabas Meninggal di Bukit Barisan Limapuluh Kota. Teraskabar.com - 14 pemotor trabas yang tersesat atau hilang saat ekspedisi di Bukit Barisan, Kabupaten Limapuluh Kota.
Usai Tersesat, Edi Pemotor Trabas Meninggal di Bukit Barisan Limapuluh Kota
NA Kabur ke Dharmasraya Usai Perkosa Dua Ponakan di Sijunjung. Teraskabar.com - NA paman dari kakak dan adik korban dugaan perkosaan itu sempat kabur Asam Jujuhan
NA Kabur ke Dharmasraya, Polisi Dorrr Paman Pemerkosa Dua Ponakan di Sijunjung