8 Rancangan Undang Undang tentang Provinsi Disahkan DPR RI, RUU Provinsi Sumatera Utara

Sebanyak 8 rancangan undang-undang tentang provinsi disepakati menjadi RUU usul inisiatif DPR Republik Indonesia.

Ketua DPR RI Dr. (H.C) Puan Maharani saat memimpin rapat sidang RUU tentang Provinsi di gedung DPR RI, Jakarta. [Foto: Dokumentasi DPR RI]

TERASKABAR.COM - Sebanyak 8 rancangan undang-undang tentang provinsi disepakati menjadi RUU usul inisiatif DPR RI (Republik Indonesia).

Sejumlah anggota DPR RI menyepakati dan menyetujui dari pada Rancangan Undang-Undang tersebut atas usulan Komisi II DPR RI, saat rapat paripurna DPR RI ke-10 Masa Persidangan I Tahun Sidang 2022-2023.

Ketua DPR RI Dr. (H.C) Puan Maharani sebagai pemimpin sidang sebelum ketuk palu, ia menyampaikan kepada peserta sidang terkait RUU tentang Provinsi tersebut.

"Sidang dewan yang terhormat, apakah rancangan undang-undang usul inisiatif Komisi II DPR RI ini dapat disetujui menjadi RUU Usul DPR RI?” tanya Puan dalam Rapat Paripurna di Gedung Nusantara II, Senayan, Jakarta, Kamis (17/11/2022).

Baca Juga: Anggota DPR RI Lisda Hendrajoni Sosialisasi UU Perlindungan Anak

Anggota DPR RI pun menyetujui dengan serempak menjawab 'SETUJU". Adapun kedelapan rancangan undang-undang terkait provinsi itu antara lain:

  1. Rancangan Undang-Undang tentang Provinsi Sumatera Utara
  2. RUU tentang Provinsi Bali
  3. RUU tentang Provinsi Sumatera Selatan
  4. RUU tentang Provinsi Jawa Barat
  5. Rancangan Undang Undang Provinsi Jawa Tengah
  6. Rancangan Undang Undang Provinsi Maluku
  7. RUU Provinsi Jawa Timur
  8. RUU tentang Kalimantan Tengah

Lahirnya rancangan undang-undang tentang provinsi merupakan pembentukan seusai rujukan dalam Pasal 18 Ayat 1 Undang-Undang Dasar (UUD) Negara Republik Indonesia Tahun 1945 di bawah kerangka Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Baca Juga: Cara Cek Bansos BLT 2022, Undangan dan Via Cekbansos.Kemensos.go.id

Bunyinya berikut ini:
"Negara Kesatuan Republik Indonesia dibagi atas Kabupaten dan Kota, yang tiap-tiap provinsi, kabupaten, dan kota itu mempunyai pemerintahan daerah, yang diatur dengan undang-undang".

Salah satu dari tujuan RUU tentang Provinsi itu guna mengakselerasi gerak roda pemerintah daerah, kemajuan daerah, dan kesejahteraan masyarakat. [*]

Dapatkan update berita terkini, seputar peristiwa, olahraga, hiburan, lifestyle, tekno dan film setiap hari dari Teraskabar.com di Google News.

Baca Juga

Antusiasme Rakyat Sumbar Sambut Anies Baswedan Tinggi
Antusiasme Rakyat Sumbar Sambut Anies Baswedan Tinggi
WALHI Sumbar menyorot daerah kawasan bencana di dua kelurahan Bungus Teluk Kabung, Padang. Yoni Candra: Wali Kota Padang tidak aspiratif %
Dua Kelurahan Bungus Teluk Kabung Terancam Bencana, Yoni Candra: Walikota Padang Tidak Aspiratif
Jelang safari politik Anies Baswedan ke Sumatera Barat. Wasekjen Bidang Pemenangan Pemilu Jakfar Sidik meninjau sejumlah titik kunjungan calon presiden 2024, Jumat (2/12/2022). "Anies datang untuk masyarakat Sumatera Barat. Ini semacam Salam Pasambahan dari Partai NasDem untuk seluruh penduduk di ranah tacinto ini," ujar Jakfar.
Anies Baswedan untuk Rakyat Sumbar, Jakfar Sidik: NasDem Pastikan Meriah
Sambut kedatangan Anies Baswedan di Sumbar, sebanyak 35 ribu kupon untuk agenda seperti jalan sehat bersama Anies habis, kata Ka'bati selaku koordinator kehumasan acara penyambutan Anies Baswedan, Kamis (1/12/2022).
Puluhan Ribu Warga Siap Sambut Anies Baswedan di Sumbar, Ka'bati: 35 Ribu Kupon Habis
Teraskabar.com - Fadli Zon kritik sejumlah lembaga survei yang melakukan survei terhadap elektabilitas kandidat calon presiden, termasuk dalam hal ini Prabowo Subianto.
Eletakbilitas Prabowo Rendah, Fadli Zon Kritik Lembaga Survei Calon Presiden
Layanan Digitalisasi Keuangan Bagi UMKM Sangat Perlu, Ini Kata Pengamat
Layanan Digitalisasi Keuangan Bagi UMKM Sangat Perlu, Ini Kata Pengamat