Cegah Tawuran, Gubernur Sumbar Mahyeldi Luncurkan Program Wirid Remaja

Cegah Tawuran, Gubernur Sumbar Mahyeldi Luncurkan Program Wirid Remaja

Gubernur Sumatera Barat, Mahyeldi menjelaskan di masjid Raya Sumbar, tentang program wirid remaja yang melibatkan pelajar SD hingga SMA/SMK se Sumbar nantinya, Sabtu (22/10/22). [Foto: Biro Adpim Setda Prov]

Teraskabar.com - Program wirid remaja resmi mulai di Provinsi Sumatera Barat. Program binaan untuk pelajar SMA/SMK se-derajat berlangsung dua kali sebulan dan rutin.

Hal itu kata Gubernur Sumatera Barat, Mahyeldi saat berada di masjid Raya Sumbar, Sabtu (22/10/22). Program ini menurut Mahyeldi, upaya membangun karakter, menekan angka kenakalan remaja.

Selain itu gagasan tersebut sub dari deretan program unggulan sumbar religius dan berbudaya dalam RPJMD Provinsi Sumatera Barat 2021-2026. Pelaksanaan program wirid remaja, semula melibatkan pelajar SMA dan SMK.

"Kedepan untuk jangkauan luas dan merata melibatkan pelajar SD dan SMP. Walau demikian, wirid ini juga bisa gabungan pelajar dari tingkat SD sampai SMA, tapi rutin," jelas Mahyeldi.

Adapun jadwal wirid remaja itu berlangsung sabtu malam pada minggu kedua dan keempat di setiap bulannya. Pelaksanaan jelang Maghrib hingga selesai Isha. Program wirid remaja ini mengadopsi pola pesantren ramadan yang berlangsung di berbagai daerah.

"Modulnya bukan soal agama dengan metode ceramah, melainkan memadukan dengan materi lain terkait pembelajaraan adat dan budaya," jelas Gubernur Sumbar Mahyeldi.

Dinas Pendidikan Sumatera Barat mulai berkoordinasi dengan dinas yang sama di kabupaten maupun kota, termasuk MUI Sumbar, Dewan Masjid dan Kantor Wilayah Kemenag Sumbar.

Tidak ketinggalan organisasi kemasyarakatan. Sekait dengan program ini, Kepala Dinas Pendidikan Sumbar Barlius mengaku pada tahapan awal ada kendala.

"Tahapan awal ada kendala dan seiring waktu akan kita evaluasi untuk penyempurnaan," ucap Barlius.

Tata Cara Pelaksanaan Wirid

Para pelajar boleh wirid di masjid terdekat rumah atau lokasi domisili, dengan jumlah maksimal 15 siswa.

Materi tentang ilmu agama berbarengan dengan materi ajar adat dan budaya Minangkabau. Program wirid rutin sekali dua bulan, dengan jadwal sabtu dan minggu, mulai Magrib dan Isya. [*]

Dapatkan update berita terkini, seputar peristiwa, olahraga, hiburan, lifestyle, tekno dan film setiap hari dari Teraskabar.com di Google News.

Baca Juga

Garda Pemuda NasDem (GPND) Sumbar mengapresiasi kerja Satreskrim Polresta Padang dalam mengungkap kasus eksploitasi seksual komersial anak di Padang. Hal itu kata Wakil Ketua Garda NasDem Sumbar, Aliyas Candra, Senin (7/11/2022).
DPW Garda Pemuda NasDem (GPND) Sumbar Bagikan 100 Bibit Tanaman Buah di Tiga Kecamatan Padang
Sumbar Bukan Provinsi Intoleran, Ketum PGI: ABS SBK Buka Ruang Bagi Berbeda Suku-Agama. Pdt. Gomar Gultom, M.Th terpukau falsafah Minangkabau
Sumbar Bukan Provinsi Intoleran, Ketum PGI: ABS SBK Buka Ruang Bagi Berbeda Suku-Agama
Seorang pria di Padang, Sumatera Barat jadi korban kecelakaan hingga motor hilang, Jumat 25 November 2022. Ia pun baru sadar motornya raib setelah warga menyelamatkan nyawanya ke rumah sakit.
Tawuran Padang: Cowok Ini Jadi Korban Sampai Motor Tercuri
Ketua DPD Partai NasDem Kota Padang Osman Ayub bersama pengurus dan perwakilan DPW NasDem Sumbar meresmikan kantor DPC Kecamatan Lubuk Kilangan, Kota Padang, Sumatera Barat, Minggu (27/11/2022).
Pengurus DPD NasDem Padang Resmikan kantor dan Pengurus DPC Kecamatan Lubuk Kilangan
Momentum HUT ke-11 Liga Mahasiswa NasDem 2022 di Sumatera Barat. Ketua Liga Mahasiswa NasDem (LMN) Sumbar, Budi Ramadhon mengatakan, selalu berbenah dan melancarkan program kerja.
HUT ke-11 Liga Mahasiswa NasDem di Sumbar, Budi Ramadhon: Menguatkan Perjuangan
Milad ke-99 Diniyyah Puteri di Padang Panjang, Sumatera Barat (Sumbar). Gubernur Mahyeldi menilai selama ini Diniyyah Puteri sudah berkontribusi banyak terhadap bangsa.
Milad ke-99 Diniyyah Puteri Padang Panjang, Mahyeldi: Mengukir Sejarah