Cegah Tawuran, Gubernur Sumbar Mahyeldi Luncurkan Program Wirid Remaja

Cegah Tawuran, Gubernur Sumbar Mahyeldi Luncurkan Program Wirid Remaja

Gubernur Sumatera Barat, Mahyeldi menjelaskan di masjid Raya Sumbar, tentang program wirid remaja yang melibatkan pelajar SD hingga SMA/SMK se Sumbar nantinya, Sabtu (22/10/22). [Foto: Biro Adpim Setda Prov]

Teraskabar.com - Program wirid remaja resmi mulai di Provinsi Sumatera Barat. Program binaan untuk pelajar SMA/SMK se-derajat berlangsung dua kali sebulan dan rutin.

Hal itu kata Gubernur Sumatera Barat, Mahyeldi saat berada di masjid Raya Sumbar, Sabtu (22/10/22). Program ini menurut Mahyeldi, upaya membangun karakter, menekan angka kenakalan remaja.

Selain itu gagasan tersebut sub dari deretan program unggulan sumbar religius dan berbudaya dalam RPJMD Provinsi Sumatera Barat 2021-2026. Pelaksanaan program wirid remaja, semula melibatkan pelajar SMA dan SMK.

"Kedepan untuk jangkauan luas dan merata melibatkan pelajar SD dan SMP. Walau demikian, wirid ini juga bisa gabungan pelajar dari tingkat SD sampai SMA, tapi rutin," jelas Mahyeldi.

Adapun jadwal wirid remaja itu berlangsung sabtu malam pada minggu kedua dan keempat di setiap bulannya. Pelaksanaan jelang Maghrib hingga selesai Isha. Program wirid remaja ini mengadopsi pola pesantren ramadan yang berlangsung di berbagai daerah.

"Modulnya bukan soal agama dengan metode ceramah, melainkan memadukan dengan materi lain terkait pembelajaraan adat dan budaya," jelas Gubernur Sumbar Mahyeldi.

Dinas Pendidikan Sumatera Barat mulai berkoordinasi dengan dinas yang sama di kabupaten maupun kota, termasuk MUI Sumbar, Dewan Masjid dan Kantor Wilayah Kemenag Sumbar.

Tidak ketinggalan organisasi kemasyarakatan. Sekait dengan program ini, Kepala Dinas Pendidikan Sumbar Barlius mengaku pada tahapan awal ada kendala.

"Tahapan awal ada kendala dan seiring waktu akan kita evaluasi untuk penyempurnaan," ucap Barlius.

Tata Cara Pelaksanaan Wirid

Para pelajar boleh wirid di masjid terdekat rumah atau lokasi domisili, dengan jumlah maksimal 15 siswa.

Materi tentang ilmu agama berbarengan dengan materi ajar adat dan budaya Minangkabau. Program wirid rutin sekali dua bulan, dengan jadwal sabtu dan minggu, mulai Magrib dan Isya. [*]

Dapatkan update berita terkini, seputar peristiwa, olahraga, hiburan, lifestyle, tekno dan film setiap hari dari Teraskabar.com di Google News.

Baca Juga

Faisal Nasir Kritik PUPR Soal Banjir di Padang, Hendri Septa Langsung Bersihkan Sampah Sungai. Teraskabar.com - Pembangunan drainase permukaan jalan
Ribut Kursi Wawako Padang, Faisal Nasir Sebut Ada Upaya Penggulingan Walikota Hendri Septa
Viral! kronologi tewasnya tiga pemotor di Padang, yang merupakan remaja. Teraskabar.com - Tewasnya tiga pemotor di Padang, Sumatera Barat viral, lantaran rekaman cctv beredar.
Tuai Pro Kontra Netizen, Polisi Urai Kronologi Tewasnya Tiga Pemotor di Padang
Ratusan Pemuda Ikut Kaderisasi Raya GP Ansor Sumbar di Padang. Teraskabar.com - Seratusan pemuda mengikuti kaderisasi raya di Padang, Sumatera Barat, 20 sampai 22 Januari 2023 yang digelar Pengurus Wilayah (PW) Gerakan Pemuda Ansor (GP Ansor) Sumbar di Asrama Haji.
Ratusan Pemuda Ikut Kaderisasi Raya GP Ansor Sumbar di Padang
NA Perkaos Kakak dan Adik di Sijunjung Sumbar, AR Tidak Tahan. Teraskabar.com - Kakak dan Adik, paman perkaos sejak April 2022 sampai Januari 2023.
NA Perkaos Kakak dan Adik di Sijunjung Sumbar, AR Tidak Tahan
Imbas Tahanan Kabur dari Polsek: Polres dan Polsek di Sumbar Siap-Siap. Teraskabar.com - Imbas tahanan Polsek Lubuk Begalung kabur dari sel penjara, beberapa hari lalu, siap-siap Polres dan Polsek bakal jadi sorotan.
Imbas Tahanan Kabur dari Polsek Lubeg: Polres dan Polsek di Sumbar Siap-Siap
Ayah Aniaya 2 Anak Kandung di Pasaman, Satu Meninggal Dunia Teraskabar.com - Ayah diduga aniaya anak kandung terjadi di Kecamatan Lubuk Sikaping, Kabupaten Pasaman, Sumatera Barat (Sumbar).
Ayah Aniaya 2 Anak Kandung di Pasaman, Satu Meninggal Dunia