Cara Terbaik Mengamankan Komputer Pribadi Kamu

Teraskabar.com - Apa cara terbaik untuk mengamankan komputer kamu? Bagaimana kamu mengatur komputer agar aman? Inilah cara terbaik mengamankan komputer pribadi kamu

8 Cara Melindungi Komputer Pribadi (Canva)

Teraskabar.com - Apa cara terbaik mengamankan komputer kamu? Bagaimana kamu mengatur komputer agar aman? Era teknologi modern hadir dengan banyak pertanyaan seperti ini, dan hari ini kami akan mencoba menjawabnya. 

Dalam beberapa pekan terakhir, kemajuan teknologi membuat hidup kita lebih mudah. Salah satu kemajuan tersebut adalah komputer.

Komputer pribadi telah merevolusi cara kita berkomunikasi, bekerja, dan bahkan bermain. Namun, dengan teknologi baru ini muncul risiko baru.

Banyak pengguna komputer sehari-hari memiliki pertanyaan seperti, “apa saja cara untuk mengamankan komputer?” Dalam panduan ini, kami akan menunjukkan kepada kamu cara mencegah peretas dan mengamankan jaringan komputer.

Untuk melindungi perangkat dan data pribadi kamu dari peretasan (hacker/cracker), penting untuk memahami jenis data apa yang paling menarik bagi peretas.

Seperti yang viral baru-baru ini seorang hacker Bjorka alias cracker menjadi perbincangan, karena diduga telah meretas sistem perlindungan data milik pemerintah Indonesia.

Nah, dengan memahami jenis data apa yang paling berharga bagi peretas (hacker/cracker), kamu dapat mengambil langkah untuk melindungi perangkat dan informasi pribadi atau tempat kamu bekerja.

Baca Juga: Kompetisi Startup Indonesia, Telkomsel Gelar NextDev 2022

Salah satu jenis data yang sangat menarik bagi peretas adalah informasi rahasia atau sensitif. Ini termasuk informasi seperti kata sandi, catatan keuangan, dan informasi pribadi.

Peretas dapat menargetkan jenis data ini untuk mendapatkan akses ke akun atau mencuri uang.

8 Cara Melindungi Komputer Pribadi:

8 Cara Melindungi Komputer Pribadi:
Cara Terbaik Mengamankan Komputer Pribadi (Canva)

Jangan Gunakan Wi-Fi Publik

Ketika kamu terhubung dengan jaringan tidak aman, siapa pun yang berada di jaringan itu dapat melihat apa yang sedang mereka cari. Bahkan tahu siapa saja pengguna Wi-Fi publik.

Peretas berpotensi mengakses informasi pribadi kamu, seperti kata sandi atau nomor kartu kredit. Untuk menghindari situasi seperti itu, sangat penting untuk menggunakan VPN seperti VeePN untuk melindungi jaringan yang tidak aman.

Gunakan VPN

VPN salah satu cara mengamankan informasi pribadi secara online, salah satu cara terbaik untuk melakukannya adalah dengan mengatur VPN Firefox maupun Chrome. VeePN adalah pilihan yang bagus untuk VPN, karena menawarkan berbagai fitur yang membuatnya ideal untuk melindungi privasi kamu.

Salah satu hal terbaik tentang VeePN adalah ia menawarkan enkripsi tingkat militer. Ini berarti bahwa data kamu saat online akan acak dan tidak dapat terbaca oleh siapa pun yang mencoba mengambil data informasi milikmu.

Fitur VPN ini sangat keren, dan banyak tools atau fitur termasuk tombol pemutus. Mencegah data kamu terekspos jika ada masalah dengan koneksi VPN.

Tetap Perbarui OS

Sangat penting untuk selalu memperbarui sistem operasi untuk melindungi komputer pribadi kamu. Pengembang perangkat lunak merilis pembaruan untuk kerentanan keamanan dan bug lainnya secara teratur.

Dengan memperbarui OS, siapa pun dapat menambal kerentanan ini dan menjaga komputer kamu atau kantor tempat kamu bekerja tetap aman.

Cadangan Data

Ada banyak file penting di komputer yang mungkin tidak ingin hilang. Kamu harus membuat cadangan file-file penting untuk melindungi data, jika terjadi kerusakan sistem atau peristiwa tak terduga lainnya.

Gunakan Firewall

Firewall dapat membantu memblokir lalu lintas saat kamu sedang online. Pastikan untuk mengkonfigurasi pengaturan firewall kamu dengan benar untuk memastikan perlindungan maksimal.

Unduh Aplikasi dari Sumber Tepercaya

Salah satu cara terbaik untuk melindungi laptop atau komputer sobat teraskabar.com adalah hanya mengunduh aplikasi dari sumber tepercaya. Sangat penting hanya mengunduh aplikasi dari toko aplikasi resmi seperti App Store atau Google Play. Setiap aplikasi yang kamu akses dan unduh, aplikasi resmi itu akan memeriksa sebelum mengizinkannya.

Kesimpulannya, mengikuti langkah-langkah di atas akan membantu mengamankan komputer pribadi dari potensi ancaman.

Dengan memperbarui OS kamu dan menggunakan VPN yang aman seperti VeePN, pengguna dapat memastikan bahwa keamanan maksimum komputer milik kamu sangat bagus dan kuat.

Aktifkan Enkripsi

Enkripsi adalah cara yang bagus untuk menambahkan lapisan keamanan ekstra ke jaringan kamu. Dengan mengenkripsi data, pengguna dapat mempersulit pengguna lain untuk mengakses informasi sobat teraskabar.com.

Setel Kata Sandi (Mode Kuat)

Sangat penting untuk melindungi perangkat kamu dengan menggunakan sandi yang rumit. Berikut adalah beberapa kiat untuk membantu kamu membuat dan mengelola kata sandi yang kuat:

  • Gunakan campuran huruf besar dan kecil, angka, dan simbol dalam kata sandi kamu.
  • Hindari menggunakan kata-kata yang mudah ditebak seperti ulang tahun kamu.
  • Buat password minimal 8 karakter.
  • Gunakan kata sandi yang berbeda untuk setiap akun.
  • Simpan kata sandi di lokasi yang aman, seperti pengelola kata sandi atau file terenkripsi.
  • Jangan bagikan kata sandi kamu dengan orang lain.
  • Ubah kata sandi kamu secara teratur untuk menjaganya tetap aman.

Itulah tadi tips atau cara terbaik mengamankan komputer pribadi maupun laptop milik kamu. [*]

Dapatkan update berita terkini, seputar peristiwa, olahraga, hiburan, lifestyle, tekno dan film setiap hari dari Teraskabar.com di Google News.

Baca Juga

Menteri Sosial Tri Rismaharini juga menambah dapur umum yang berlokasi di Bekasi maupun di Jakarta. Dapur umum tersebut beroperasi mulai Sabtu ini, Sabtu (26/11/2022).
Menteri Sosial Tri Rismaharini Tambah Dapur Umum Buat Korban Gempa Cianjur
Mensos Tri Rismaharini Bantu Penjual Nasi Padang, Paketin Buat Korban Gempa Cianjur
Mensos Tri Rismaharini Bantu Penjual Nasi Padang, Paketin Buat Korban Gempa Cianjur
Sosok Kabareskrim Polri Komjen Agus Andrianto belum terlalu familiar profilnya di tengah masyarakat. Ini data profil dan biodata Agus Andrianto penerus Listyo Sigit Prabowo.
Pengganti Listyo Sigit Prabowo: Komjen Agus Andrianto Terimbas Isu Aliran Dana Tambang Liar
Agus Harimurti Yudhoyono mendapat kritik dari loyalis pendukung Ganjar Pranowo. Bahkan menyebut AHY 'Miskin Literasi', rakyat hanya perlu makan.
Rakyat Hanya Butuh Makan: Loyalis Ganjar Sebut AHY Miskin Literasi
Jaksa Penuntut Umum (JPU) akan jemput paksa dua bekas suruhan Ferdy Sambo. Kedua orang itu Radite Hernawa dan Agus Saripul, Kasus Hendra
Kasus Hendra dan Agus, Jaksa Ancam Jemput Paksa Eks Suruhan Ferdy Sambo
Jaksa Penuntut Umum (JPU) akan jemput paksa dua bekas suruhan Ferdy Sambo. Kedua orang itu merupakan anggota Div Propam Polri, yakni Radite Hernawa dan Agus Saripul Hidayat.
Obstruction of Justice Hendra dan Agus Gagal, Ketua RT Ferdy Sambo Sakit