BKSDA Sumbar Latih Masyarakat Tangani Konflik dengan Harimau

BKSDA Sumbar Latih Masyarakat Tangani Konflik dengan Harimau

Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Sumatera Barat membentuk tim Patroli Anak Nagari di Nagari Batang Barus, Kabupaten Solok. [Foto: BKSDA]

Teraskabar.com - Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Sumatera Barat membentuk tim Patroli Anak Nagari di Nagari Batang Barus, Kabupaten Solok. Langkah tersebut menyikapi beberapa peristiwa konflik binatang liar dengan manusia.

Menurut Kepala BKSDA Sumbar Ardi Andono, pembentukan Pagari merupakan salah satu bagian program Nagari Ramah Harimau.

"Kegiatan ini untuk mendorong pelibatan secara aktif masyarakat yang tinggal di nagari rawan terjadinya konflik harimau dalam kegiatan penanganan dan deteksi dini," ungkapnya, Minggu (16/10/2022).

Sebanyak 10 warga Nagari Batang Barus telah mengikuti pelatihan Pagari dari Selasa (11/10/2022) hingga Kamis (13/10/2022) lalu.

"Materi pelatihan mencakup Kebijakan Konservasi Harimau Sumatera, Bioekologi, Pengamanan Hutan dan Perlindungan Satwa Liar," jelas Ardi.

Selain itu, ada materi navigasi, Penggunaan Camera Trap dan Penanganan Konflik Satwa Liar.

"Kami berharap keberadaan Tim PAGARI di Nagari Batang Barus dapat mencegah potensi konflik dan bisa merespon laporan konflik secara cepat dan tepat," sambungnya.

Baca Juga: BKSDA Selidiki Dugaan Harimau Terkam Anjing di Agam

Lebih lanjut, ia berharap Batang Barus menjadi 'Nagari Ramah Harimau' yang bisa menangani konflik Harimau Sumatera secara mandiri.[*]

Dapatkan update berita terkini, seputar peristiwa, olahraga, hiburan, lifestyle, tekno dan film setiap hari dari Teraskabar.com di Google News.

Baca Juga

Momentum HUT ke-11 Liga Mahasiswa NasDem 2022 di Sumatera Barat. Ketua Liga Mahasiswa NasDem (LMN) Sumbar, Budi Ramadhon mengatakan, selalu berbenah dan melancarkan program kerja.
HUT ke-11 Liga Mahasiswa NasDem di Sumbar, Budi Ramadhon: Menguatkan Perjuangan
Milad ke-99 Diniyyah Puteri di Padang Panjang, Sumatera Barat (Sumbar). Gubernur Mahyeldi menilai selama ini Diniyyah Puteri sudah berkontribusi banyak terhadap bangsa.
Milad ke-99 Diniyyah Puteri Padang Panjang, Mahyeldi: Mengukir Sejarah
Lembaga Bantuan Hukum (LBH) GP Ansor Sumbar layangkan pengaduan ke Komnas HAM Perwakilan Sumatera Barat, Jumat (4/11/2022).
Mahasiswa Ini Kadukan Kasus Kekerasan Bareng LBH GP Ansor Sumbar ke Komnas HAM
Pengacara Hotman Paris terus mengontrol kasus Irjen Teddy Minahasa Putra, mantan Kapolda Sumatera Barat (Sumbar). Penasihat hukum jenderal bintang dua di pundak itu mengaku, kalau Teddy adalah korban.
Hotman Paris Jamin Teddy Minahasa Putra Tidak Kabur, Ia Adalah Korban
Kasus yang menyeret mantan kapolda Sumbar, Irjen Pol Teddy Minahasa Putra terus bergulir. Penyidik Ditrenarkoba Polda Metro Jaya terus merampungkan berkas sang jenderal bintang dua Polri. Penyidik saat ini tengah melengkapi berkas perkara untuk segera ke tahap satu, dua terkait tersangka kasus peredaran narkoba.
Polda Metro: Berkas Kasus Irjen Teddy Minahasa Segera Rampung
Enam madrasah Sumatera Barat ikut kompetisi Kompetisi Robotik Madrasah atau Madrasah Robotic Competition (MRC), 22-23 November 2022.
6 Madrasah Siap Harumkan Sumatera Barat di Kompetisi Robotik Madrasah tingkat Nasional