Biaya Kereta Cepat Jakarta Bandung Membengkak, Harga China Rendah

Pengerjaan Kereta Cepat Jakarta Bandung mengalami perbedaan hitungan investasi alias overrun antara pemerintah Indonesia dan China.

Kereta Cepat Jakarta Bandung akan menjadi showcase di event G20 2022. [Foto: keretacepat_id]

Teraskabar.com - Pengerjaan Kereta Cepat Jakarta Bandung mengalami perbedaan hitungan investasi alias overrun antara pemerintah Indonesia dan China.

Hal ini terbongkar saat dengar pendapat dengan Komisi VI DPR RI, di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Kamis (10/11/2022).

Perbedaan hitung investasi proyek Kereta Cepat Jakarta Bandung (KCJB) membengkak senilai Rp 21,7 triliun menurut hitungan Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP).

Yang mana nilai investasi proyek tersebut sebesar USD1.499 dengan kurs USD1 = Rp15.500, kata Direktur Utama PT Kereta Cepat Indonesia China (KCIC) Dwiyana Slamet Riyadi.

Adapun hitungan pemerintah China terkait KCJB sebesar USD980 juta atau setara Rp15,19 triliun.

"Jadi, ada perbedaan karena beda cara melakukan review, beda metode dan beda asumsi," ujar Dwiyana Slamet Riyadi.

Terjadinya perbedaan karena pemerintah China tidak menginput biaya pihak ketiga, seperti persinyalan, ucap Dwiyana Slamet Riyadi. Sementara pemerintah Indonesia memasukan biaya pihak ketiga sehingga nilai proyek tersebut gemuk.

"Di China (persinyalan) itu free ya. China menilai seharusnya pemerintah Indonesia juga bisa memberikan free of charge pada KCJB untuk mendapatkan frekuensi GSMR," tutur Dwiyana.

Dwiyana Slamet Riyadi berharap China maklum kondisi di Indonesia. Walau di awal China tidak menerima hitungan dari BPKP.

Baca Juga: China Klaim Berperan Bantu Ekonomi Indonesia, Apa Kata Luhut

Efek dari bengkaknya nilai anggaran investasi pembangunan Kereta Cepat Jakarta Bandung, Dwiyana berharap ada titip temu kedua negara dalam pengerjaan proyek tersebut.

"Sekali lagi ini proyek investasi bersama antara pemerintah China dan Indonesia," tutup Dwiyana. [*]

Sumber Artikel : Suara

Dapatkan update berita terkini, seputar peristiwa, olahraga, hiburan, lifestyle, tekno dan film setiap hari dari Teraskabar.com di Google News.

Baca Juga

Menteri Sosial Tri Rismaharini juga menambah dapur umum yang berlokasi di Bekasi maupun di Jakarta. Dapur umum tersebut beroperasi mulai Sabtu ini, Sabtu (26/11/2022).
Menteri Sosial Tri Rismaharini Tambah Dapur Umum Buat Korban Gempa Cianjur
Mensos Tri Rismaharini Bantu Penjual Nasi Padang, Paketin Buat Korban Gempa Cianjur
Mensos Tri Rismaharini Bantu Penjual Nasi Padang, Paketin Buat Korban Gempa Cianjur
Teraskabar.com - Dampak perang Rusia-Ukraina membuat transisi energi di Indonesia tidak stabil. Hal itu kata Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto. "Perlu langkah-langkah dari SKK Migas dengan menyikapi iklim investasi, serta pengaruh global," kata Airlangga Hartarto saat 3rd International Oil and Gas Conference (IOG 2022) yang berlangsung secara hybrid di Bali Nusa Dua Convention Center, Bali.
Efek Perang Rusia-Ukraina: Indonesia Cari Akal Soal Investasi Hulu Migas
Sosok Kabareskrim Polri Komjen Agus Andrianto belum terlalu familiar profilnya di tengah masyarakat. Ini data profil dan biodata Agus Andrianto penerus Listyo Sigit Prabowo.
Pengganti Listyo Sigit Prabowo: Komjen Agus Andrianto Terimbas Isu Aliran Dana Tambang Liar
Agus Harimurti Yudhoyono mendapat kritik dari loyalis pendukung Ganjar Pranowo. Bahkan menyebut AHY 'Miskin Literasi', rakyat hanya perlu makan.
Rakyat Hanya Butuh Makan: Loyalis Ganjar Sebut AHY Miskin Literasi
Jaksa Penuntut Umum (JPU) akan jemput paksa dua bekas suruhan Ferdy Sambo. Kedua orang itu Radite Hernawa dan Agus Saripul, Kasus Hendra
Kasus Hendra dan Agus, Jaksa Ancam Jemput Paksa Eks Suruhan Ferdy Sambo