Bharada Richard Eliezer: Saya Hanya Anggota Tak Mampu Tolak Perintah Jenderal

Teraskabar.com - Bharada Richard Eliezer dengan suara bergetar ungkap alasan menghabisi Brigadir J. Bharada Eliezer mengaku ia tidak bisa menolak perintah Ferdy Sambo, Kadivpropam Polri nonaktif itu.

"Saya sangat menyesali perbuatan saya, namun saya hanya ingin menyatakan bahwa saya hanya seorang anggota, yang tidak memiliki kemampuan untuk menolak perintah dari seorang jenderal," kata Eliezer di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Selasa (18/10/2022).

Bharada Richard Eliezer juga menyampaikan duka mendalam terhadap Brigadir Yosua.

"Saya berdoa semoga almarhum Bang Yos (Yosua) diterima di sisi Tuhan Yesus Kristus. Dan untuk keluarga almarhum Bang Yos, bapak ibu, Reza, serta seluruh keluarga besar Bang Yos, saya mohon maaf," ujarnya berkaca-kaca.

Dalam dakwaan tertuang Bharada Richard Eliezer menerima perintah Sambo untuk mengeksekusi Yosua. "Terdakwa Richard Eliezer Pudihang Lumiu yang menerima penjelasan tersebut merasa tergerak hatinya untuk turut menyatukan kehendak dengan Saksi Ferdy Sambo," kata JPU saat membacakan dakwaan.

Ketika itu, Sambo mengutarakan niat jahatnya dan bertanya apakah Eliezer bersedia menembak Yosua. Perintah itu dijawab oleh Eliezer "Siap Komandan."

Eksekusi pun terjadi, Eliezer menembak tiga sampai empat peluru ke tubuh Yosua. Terakhir tembakan pamungkas oleh Ferdy Sambo ke kepala Yosua. Sang Brigadir pun tewas.

Baca Juga: Bripka RR Serang Balik Skenario Ferdy Sambo, Soal Pelecehan Putri Candrawathi

Atas perbuatan Bharada Richard Eliezer, ia didakwa bersama-sama melakukan pembunuhan dan terjerat Pasal 340 atau Pasal 338 KUHP atau juncto Pasal 55 ayat 1 ke-1 KUHP. Ancaman hukumannya, maksimal hukuman mati. [*]

Dapatkan update berita terkini, seputar peristiwa, olahraga, hiburan, lifestyle, tekno dan film setiap hari dari Teraskabar.com di Google News.

Baca Juga

Teraskabar.com - Terdakwa kasus pembunuhan Brigadir Yosua Hutabarat (Brigadir J) Putri Candrawathi dan Kuat Ma'ruf terekam CCTV naik bersama ke lantai tiga di rumah Pribadi Putri dan Ferdy Sambo di Saguling.
Adegan Kuat Ma'ruf dan Ibu Jenderal Terungkap, Putri Candrawathi: Di Luar Kok!
Teraskabar.com - Mantan Kapolda Sumbar Irjen Pol Teddy Minahasa Putra tersenyum, ketika anggota Polda Metro Jaya membawa tersangka tilap barbuk sabu ke Kejaksaan Tinggi DKI Jakarta, Rabu (11/1/2023).
Sambil Senyum, Mantan Kapolda Sumbar Irjen Pol Teddy Minahasa Tilap Barbuk Diangkut
Batang Hidung Sandiaga Tidak Kelihatan di Peresmian Badan Pemenangan Presiden Gerindra, Pindah Partai? Teraskabar - Rahasia Prabowo dan Jokowi
Batang Hidung Sandiaga Tidak Kelihatan, Prabowo Resmikan Kantor Badan Pemenangan Pemilu
Jumat (6/1/2023) - Menteri Pertahanan Prabowo Subianto dadakan bertemu Presiden Jokowi di Istana Merdeka, Jakarta jelang HUT PDI Perjuangan
Jelang HUT PDI Perjuangan, Prabowo Temui Presiden Jokowi, Ada Apa?
Teraskabar.com - Band rock Kanada Simple Plan akan mengadakan tur dua hari di Indonesia tahun 2023 awal Maret. Dua hari Maret 2023, Tur Asia
Simple Plan Band Rock Kanada Konser di Indonesia Dua Hari Maret 2023, Tur Asia
Simple Plan Tur Asia ''HARDER THAN IT LOOKS'' harga nonton tiket konser sekarang. Teraskabar.com - Nonton konser Simple Plan Jakarta, Surabaya
Simple Plan Tur Asia ''HARDER THAN IT LOOKS'' Dapatkan Tiket Konser Sekarang