Berapa Usia Bumi, Berikut Cara Menentukan Umur Bumi

Usia bumi dan cara menentukan umur bumi terbentuk sekitar 4,54 miliar tahun lalu. Artinya planet bernama dunia sudah berusia 4.540.000.000

Bumi [Foto: Ilustrasi umur Bumi/Canva Premium/Teraskabar]

Teraskabar.com - Kamu tahu berapa usia bumi? Umur bumi 4,54 miliar tahun. Lalu bagaimana menentukan berapa umur bumi, peneliti mempelajari berbagai sampel batuan.

Penelitian ilmiah terbaik saat ini menunjukkan bumi terbentuk sekitar 4,54 miliar tahun yang lalu. Itu artinya planet yang kita tempati saat ini sudah berusia 4.540.000.000 tahun.

Bagaimana peneliti bisa menentukan usia bumi? Caranya, mereka mempelajari sampel batuan paling kuno. Batuan tersebut tidak hanya dari bumi tetapi juga dari bulan, serta meteorit yang terbentuk di awal tata surya.

Dengan menggabungkan semua data tersebut, peneliti bisa menentukan usia bumi.

Melansir dari EarthSky, Senin (21/6/2021), bumi mampu menyembunyikan usianya dengan baik. Saat ini, sebagian besar kerak berusia lebih muda dari planet ini, telah dimodifikasi oleh tektonik lempeng dan erosi.

Baca Juga: Liga Mahasiswa NasDem Sumbar Kutuk Kasus Pelecehan Seksual di Unand, Budi: Tindak Secara Hukum

Di zona subduksi di sepanjang tepi benua, kerak samudera tertarik ke dalam mantel dan meleleh. Sementara itu, kerak baru terbentuk di pegunungan tengah laut dan titik panas.

Lempeng tektonik saling mendorong, menciptakan gunung. Aliran dan sungai membawa batuan lapuk ke dataran rendah dan laut, menyimpan batu, lumpur, dan pasir di sepanjang jalan.

"Seiring waktu geologis, sedimen yang terakumulasi dapat terkompresi untuk membentuk batuan atau ditarik ke dalam mantel untuk didaur ulang," jelas EarthSky.

Formasi batuan murni yang tidak berubah mungkin tidak mungkin ditemukan di bumi, tetapi masih ada batuan purba yang sangat langka untuk ditemukan.

Kristal zirkon dari Jack Hills di Australia Barat, berusia 4,404 miliar tahun. Di Sungai Acasta Kanada barat laut, beberapa sampel batuan berumur 4,031 miliar tahun.

Baca Juga: Hari Ibu 2022: Ratusan Bundo di Padang Pamer Pakaian Adat dan Makan Bajamba

Karena batuan terestrial kuno tidak mungkin merupakan sisa dari kerak asli planet kita, para ilmuwan juga perlu melihat material tua di tempat lain di tata surya yang tidak mengalami banyak perubahan seperti batuan di bumi.

Permukaan bulan, terlepas dari sejarah aktivitas vulkanik dan pemboman meteorit, memiliki peluang lebih baik untuk melestarikan kerak yang berasal dari penciptaannya.

Studi terbitan pada 2019 tentang batuan yang atar misi Apollo, menunjukkan bahwa bulan terbentuk sekitar 4,51 miliar tahun yang lalu, sekitar 50 juta tahun setelah pembentukan tata surya (4,56 miliar tahun yang lalu).

Usia bumi dan cara menentukan umur bumi terbentuk sekitar 4,54 miliar tahun lalu. Artinya planet bernama dunia sudah berusia 4.540.000.000
Bumi [Foto: Ilustrasi umur Bumi/Canva Premium/Teraskabar]

Para ilmuwan juga melihat sisa-sisa dari tata surya awal yaitu meteorit dengan inklusi kaya kalsium-aluminium yang merupakan salah satu benda padat pertama yang menyatu saat planet mulai terbentuk di sekitar matahari muda. Mereka telah berumur 4,567 miliar tahun.

Para ilmuwan menentukan usia batuan menggunakan teknik melalui penanggalan radiometrik.
Beberapa elemen dalam batuan bersifat radioaktif, dan para ilmuwan menggunakan sifat itu sebagai jam yang menentukan usia mereka.

Baca Juga: Memakan Korban: Harimau Sumatra di Agam Bikin Panik Warga

Dalam jumlah yang sangat besar, 50 persen atom radioaktif akan meluruh dari satu bentuk ke bentuk lainnya dalam jangka waktu tertentu. Interval waktu itu disebut waktu paruh.

Misalnya, U-235 adalah isotop radioaktif uranium. Melalui serangkaian langkah peluruhan, ia terurai menjadi timbal yang stabil yang dikenal sebagai Pb-207. Dalam jargon kimia, U-235 disebut isotop induk dan Pb-207 adalah isotop anak.

Untuk menentukan penanggalan batuan, para ilmuwan mengukur jumlah relatif isotop induk dan anak dalam sampel mereka.

Dari penelitian sebelumnya, mereka sudah mengetahui bahwa waktu paruh U-235 (jumlah waktu yang dibutuhkan 50 persen U-235 untuk berubah menjadi Pb-207) adalah 704 juta tahun.

Oleh karena itu, jika sampel batuan masing-masing memiliki 50 persen U-235 dan Pb-207, maka batuan tersebut berumur 704 juta tahun. Jika sampel memiliki 25 persen U-235 dan 75 persen Pb-207, sampel tersebut berumur 1.408 juta tahun.

Isotop uranium induk lainnya, U-238 meluruh menjadi isotop timbal lain yang dikenal sebagai Pb-206, dengan waktu paruh 4,47 miliar tahun.

Baca Juga: Menyongsong Piala Dunia U-20 2023, Ini Pesan Kapolri Jenderal Listyo

Para ilmuwan menggunakan kedua isotop uranium dalam analisis sampel mereka karena hasilnya saling memeriksa. Analisis perbandingan U-235 terhadap Pb-207 dan U-238 terhadap Pb-206 pada suatu sampel akan memberikan hasil yang sama untuk umurnya.

Mineral yang disebut zirkon sering mengandung U-235 dan U-238. Namun, timbal tidak dapat dimasukkan ke dalam kisi kristal.

Oleh karena itu, jika timbal ditemukan dalam zirkon, ia hanya sampai di sana karena meluruh dari isotop uranium. Properti zirkon yang seperti penjara ini menjadikannya mineral yang ideal untuk digunakan dalam batuan penanggalan. [skt/*]

Dapatkan update berita terkini, seputar peristiwa, olahraga, hiburan, lifestyle, tekno dan film setiap hari dari Teraskabar.com di Google News.

Baca Juga

Kolaborasi MAXstream dan MD Pictures_1-3: Telkomsel melalui MAXstream menjalin kolaborasi strategis dengan MD Pictures untuk menghadirkan beberapa film dan serial populer sepanjang tahun 2023, antara lain Film HIDAYAH, Film Bismillah Kunikahi Suamimu, Film Atas Nama Surga, dan Serial Princess and The Boss. Ragam konten ini bisa disaksikan pada platform MAXstream yang dapat diunduh melalui Play Store dan App Store.
Konten Hiburan! MAXstream Telkomsel dan MD Pictures Collaboration
Harga HP ZBook Fury 17 G8 dan 7 Laptop Terbaik Untuk Desain Grafis 2023
Harga HP ZBook Fury 17 G8 dan 7 Laptop Terbaik Untuk Desain Grafis 2023
Teraskabar.com - Jam tangan Apple (Watch) kini dapat berfungsi sebagai kunci Tesla kamu. Walau tanpa internet, kamu dapat membuka mobil kamu yang bermerek Tesla.
Tanpa Internet, Apple Watch Bisa Buka Mobil Tesla Kamu
Server WhatsApp proxy terbaru, lengkap cara setting gratis. Teraskabar.com - anti blokir dan lelet menggunakan server WhatsApp proxy
Berikut Server WhatsApp Proxy Terbaru, Lengkap Cara Setting Gratis
Ini Alasan WhatsApp Memilih Alamat Server Proxy, Baik Buat Organisasi
Ini Alasan WhatsApp Memilih Alamat Server Proxy, Baik Buat Organisasi
WhatsApp meluncurkan server proxy terbaru, dengan pembaruan terkini itu memungkinkan Aplikasi WhatsApp bisa terus menyala meskipun tanpa sinyal internet.
WhatsApp Luncurkan Server Proxy Terbaru, Ini Fungsi dan Cara Kerja WA