BEM KM Unand Tuntut Gubernur dan Wagub Sumbar, Tuntaskan Persoalan Petani

demo mahasiswa di Padang menuntut gubernur dan wakil gubernur sumatera barat di hari tani nasional

Mahasiswa BEM KM Unand melakukan unjuk rasa di depan kantor gubernur Sumbar, Senin (26/9/2022) tepat Hari Tani Nasional [Foto: Daffa Benny]

Teraskabar.com - Badan Eksekutif Mahasiswa Keluarga Mahasiswa (BEM KM) Universitas Andalas (Unand), menuntut gubernur dan wakil gubernur Sumatera Barat (Sumbar), Senin (26/9/2022).

Puluhan massa aksi di Hari Tani Nasional membawa membawa sembilan tuntutan untuk gubernur dan wakil gubernur di Sumatera Barat.

Pertama, meningkatkan penyaluran penyuluh pertanian secara merata dan sesuai yang kebutuhan oleh daerah.

Kedua, meningkatkan kualitas sumber daya penyuluh pertanian.

Ketiga, mengoptimalkan penempatan penyuluh pertanian sesuai dengan pertanian komoditas unggulan di daerah tempat bekerja, sehingga nyata dapat membantu petani di daerah tersebut.

Keempat, mengoptimalkan penyaluran subsidi pupuk kepada para petani.

Kelima, melakukan kolaborasi dengan semua elemen masyarakat demi terciptanya ketahanan pangan yang konsisten dan stabil.

Keenam, membentuk kurikulum dan kegiatan ekstra pertanian kepada kaum muda.

Ketujuh, menciptakan iklim investasi pertanian yang harapannya dapat menarik minat kaum muda untuk melakukan kegiatan pertanian secara modern.

Teraskabar.com - Badan Eksekutif Mahasiswa Keluarga Mahasiswa (BEM KM) Universitas Andalas (Unand), menuntut gubernur dan wakil gubernur Sumatera Barat (Sumbar), Senin (26/9/2022).
Aksi unjuk rasa di Padang, Sumatera Barat saat hari tani di depan kantor Gubernur Sumbar, Jalan Jenderal Sudirman, Padang, Senin (26/9/2022). [Foto: Daffa Benny]

Kedelapan, peternakan sapi perah harus memperketat biosekuriti ternak, pekerja, tamu, kandang, dan fasilitas/peralatan lain melalui tindakan pengendalian pergerakan juga penyucihamaan.

Kesembilan, pemantauan kesehatan ternak harus lebih rutin/intensif dilakukan peternak dengan bantuan dokter hewan dari dinas atau koperasi.

Sebelumnya, Teraskabar telah melakukan wawancara dengan Menteri Kebijakan Daerah BEM KM Unand, Nofri Yandi.

Ia menyebut pihaknya telah mengajak para petani untuk terlibat aksi bersama dengan BEM KM Unand.

"Kita telah komunikasi dengan petani. Tapi kita dengar bahwa para petani lebih banyak fokus dengan persoalan agraria di Pasaman Barat," ucapnya.

Dalam mengajak masyarakat dan mahasiswa memperingati hari tani. BEM KM telah mengadakan aksi mimbar bebas pada Jumat (23/9/2022) di depan gerbang kampus Unand.

Lebih lanjut, ia menyebut salah satu persoalan utama pertanian di Sumbar adalah wabah penyakit mulut dan kuku (PMK). Yang menjangkiti hewan-hewan ternak berkuku belah seperti sapi dan kambing.

Baca Juga: Kabar Tol Padang Pekanbaru Terkini, Seksi Bangkinang-Pangkalan Tuntas

"Dengan demikian kita menuntut juga solusi nyata dari pemerintah untuk mencegah penularan PMK, misalnya dengan vaksinasi," ungkap Nofri Yandi. [*]

Dapatkan update berita terkini, seputar peristiwa, olahraga, hiburan, lifestyle, tekno dan film setiap hari dari Teraskabar.com di Google News.

Baca Juga

Momentum HUT ke-11 Liga Mahasiswa NasDem 2022 di Sumatera Barat. Ketua Liga Mahasiswa NasDem (LMN) Sumbar, Budi Ramadhon mengatakan, selalu berbenah dan melancarkan program kerja.
HUT ke-11 Liga Mahasiswa NasDem di Sumbar, Budi Ramadhon: Menguatkan Perjuangan
Korban kebakaran di Padang, Jalan Sutan Syahrir mencapai Rp 300 juta, setelah petugas pemadam kebakaran Kota Padang melakukan pemadaman
Kerugian Korban Kebakaran di Padang Tertaksir Rp 300 Juta
Milad ke-99 Diniyyah Puteri di Padang Panjang, Sumatera Barat (Sumbar). Gubernur Mahyeldi menilai selama ini Diniyyah Puteri sudah berkontribusi banyak terhadap bangsa.
Milad ke-99 Diniyyah Puteri Padang Panjang, Mahyeldi: Mengukir Sejarah
Pasca video viral penganiayaan terhadap salah seorang kepala sekolah di Padang tempo hari. Polisi di Padang memburu empat terduga pelaku lainnya, kata Kanit Reskrim Polresta Padang, Ipda Adrian Afandi, Sabtu (5/11/2022) di Mapolresta Padang.
Polisi Buru 4 Penganiaya Kepala Sekolah di Padang, Ipda Adrian: Baru 3 Tertangkap
Lembaga Bantuan Hukum (LBH) GP Ansor Sumbar layangkan pengaduan ke Komnas HAM Perwakilan Sumatera Barat, Jumat (4/11/2022).
Mahasiswa Ini Kadukan Kasus Kekerasan Bareng LBH GP Ansor Sumbar ke Komnas HAM
Pengacara Hotman Paris terus mengontrol kasus Irjen Teddy Minahasa Putra, mantan Kapolda Sumatera Barat (Sumbar). Penasihat hukum jenderal bintang dua di pundak itu mengaku, kalau Teddy adalah korban.
Hotman Paris Jamin Teddy Minahasa Putra Tidak Kabur, Ia Adalah Korban