Belum Usia Dewasa Lakukan Begituan, Kanker Serviks Mengintaimu

Risiko kanker serviks sangat bahaya dan rentan bagi perempuan, hal itu kata Dr. Nadia Ayu Mulansari, SpPD-KHOM. Belum usia dewasa begituan

Ilustrasi [Foto: Canva]

Teraskabar.com - Risiko kanker serviks sangat bahaya dan rentan bagi perempuan, hal itu kata Dr. Nadia Ayu Mulansari, SpPD-KHOM. Ia menjelaskan, bahwa kanker bukan saja mengintai perempuan berusia antara 35-44 tahun.

Hal ini berdasar data diagnosis terhadap yang berusia 50 tahun, walau kata Nadia Ayu Mulansari, kasus kanker serviks ditemukan bagi perempuan berusia 65 tahun.

Meski demikian, kalau kamu yang belum dewasa lakukan begituan, jangan pernah sesekali lakukan.

Berikut penjelasan Dr. Nadia Ayu Mulansari, SpPD-KHOM, risiko kanker tersebut dapat ditentukan dari usia aktif seksual seorang perempuan. Misalnya, di luar negeri, mereka yang berusia 9-10 tahun wajib vaksin HPV.

Karena mereka sudah aktif secara seksual di usia tersebut. "Rangenya paling muda 25 tahun, dan memang saya belum mendapatkan kanker serviks di bawah 25 tahun di Indonesia. Tapi, usia 29 tahun pernah ada," ujarnya dalam webinar bersama MDS, Selasa (25/10/2022).

Dr. Nadia menegaskan, kalau dapat tidak berhubungan seks di usia belum dewasa, dan atau kurang dari 20 tahun. "Ini adalah risiko penyebab terinfeksi HPV," katanya.

Tak hanya itu, saat berhubungan seks secara oral juga dapat menyebabkan penularan infeksi HPV, apalagi berhubungan seksual dengan banyak pasangan.

Baca Juga: Kemenag Sumbar Gandeng JAPA, Cerdaskan Siswa Madrasah dan Catin Cegah HIV/AIDS

Maka, sambung Nadia Ayu Mulansari, perlu vaksinasi untuk perempuan guna menghindari risiko kanker serviks. Adapun bagi perempuan yang lebih tua, papsmear tiap tahun jangan sampai tidak dilakukan.

Hanya saja perlu pengecekan, apakah HPV positif atau negatif. "Jangan lupa juga untuk menjaga pola hidup sehat, selain berolahraga juga memakan makanan bernutrisi," ungkapnya. [*]

Dapatkan update berita terkini, seputar peristiwa, olahraga, hiburan, lifestyle, tekno dan film setiap hari dari Teraskabar.com di Google News.

Baca Juga

Teraskabar.com - Dampak perang Rusia-Ukraina membuat transisi energi di Indonesia tidak stabil. Hal itu kata Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto. "Perlu langkah-langkah dari SKK Migas dengan menyikapi iklim investasi, serta pengaruh global," kata Airlangga Hartarto saat 3rd International Oil and Gas Conference (IOG 2022) yang berlangsung secara hybrid di Bali Nusa Dua Convention Center, Bali.
Efek Perang Rusia-Ukraina: Indonesia Cari Akal Soal Investasi Hulu Migas
Tinc meraih penghargaan ORIGIN Innovation Awards 2022 dari TechNode Global, berkat komitmen Telkomsel mengembangkan inovasi berbasis digital.
Tinc Telkomsel Raih Penghargaan ORIGIN Innovation Awards 2022
Paket Telkomsel Pascabayar terbaru yakni Halo+ (dibaca: Halo Plus) hadir dengan beragam kebutuhan aktivitas digital pelanggan yang semakin dinamis. Sejak peluncuran Oktober 2022 meningkat pengguna Paket Halo+.
Paket Telkomsel Halo+ Makin Dinikmati Pelanggan Pascabayar
Citra Irene dan pendiri LaReine Scarves meluncurkan dua koleksi pertamanya yakni premium vocal bandana collection, kralice series, hijab
Pesan Hijab Premium ala LaReine Scarves - Murah, Lengkap dan Elegan
Begini cara aktivasi nonton vidio pertandingan FIFA World Cup Qatar 2022 atau Piala Dunia 2022 Qatar full episode.
Cara Aktivasi Nonton Vidio Piala Dunia 2022 via Telkomsel
Nonton Piala Dunia 2022: Ada Paket Data Telkomsel-Vidio Murah
Nonton Piala Dunia 2022: Ada Paket Data Telkomsel-Vidio Murah