Bayi Kembar Siam Pariaman, Dua Kepala Satu Badan

Siamese twins child

Ilustrasi bayi kembar siam [Foto: Canva]

Teraskabar.com - Nasib bayi kembar siam lahir di Pariaman, Sumatera Barat, Kamis (22/9/2022) sangat mengkhawatirkan. Keluarga pasien berharap kesembuhan sanga bayi.

Apalagi kondisi bayi kembar siam tersebut miliki dua kepala satu badan. Saat ini sedang mendapat penanganan serius tim medis di Ruang NICU, Lantai 2, Instalasi Kebidanan dan Anak, RSUP M Djamil, Padang.

Suryani (54) nenek dari cucu tersebut mengatakan, kalau bayi tersebut lahir melalui operasi sesar dan malam tadi langsung di rujuk di RSUP M Djamil Padang.

Bayi kembar siam tersebut berjenis kelamin laki-laki dari pasangan Ayu Septiani (30) dan Ardianto (33). Suryani menerangkan, kondisi cucu kembarnya itu terlahir dengan organ yang berbeda.

Baca Juga: Korban Eksploitasi Seksual Komersial di Padang Rupanya Anak Pegawai

"Kepalanya dua berbadan satu, lalu pada bagian organ dalam paru-paru satu dan jantung satu. Semua organ satu, hanya saja kepala dua dan bibir sumbing keduanya," ungkapnya, Kamis (22/9/2022).

Saat lahir bayi kembar siam itu mengeluarkan suara tangisan. Walau bayi ini memiliki dua kepala. Kedua-duanya bernapas dan sadar. Seperti yang terlihat alat bantu pernapasan terpasang pada keduanya.

Berharap Bayi Sehat

Keluarga dari bayi kembar siam asal Kota Pariaman, Sumatera Barat berharap bayi atau cucu-anak mereka itu sehat. Kemudian berharap ibu dari bayi sehat, yang masih di RSUD Dr Sadikin.

"Suaminya menjaga istrinya di sana, dan saya bersama seseorang menjaga cucu di rumah sakit ini," kata Suryani.

Suryani menerangkan kalau ibu dari cucunya itu tahu bakal melahirkan dengan kondisi seperti ini. Sebab ketika cek USG kondisi kehamilan, dokter menyatakan anak kembar.

Baca Juga: Tekan Inflasi di Sumatera Barat, Gubernur Tanam Cabai

Hanya saja sambungnya, waktu itu kondis belum terlihat jelas. "Ibunya tahu kembar, hanya saya waktu itu yang kelihatan kepala dua bayi. Yang bagian bawah terlihat seperti menempel," ungkapnya. [*]

Dapatkan update berita terkini, seputar peristiwa, olahraga, hiburan, lifestyle, tekno dan film setiap hari dari Teraskabar.com di Google News.

Baca Juga

Menteri Sosial Tri Rismaharini juga menambah dapur umum yang berlokasi di Bekasi maupun di Jakarta. Dapur umum tersebut beroperasi mulai Sabtu ini, Sabtu (26/11/2022).
Menteri Sosial Tri Rismaharini Tambah Dapur Umum Buat Korban Gempa Cianjur
Mensos Tri Rismaharini Bantu Penjual Nasi Padang, Paketin Buat Korban Gempa Cianjur
Mensos Tri Rismaharini Bantu Penjual Nasi Padang, Paketin Buat Korban Gempa Cianjur
Sosok Kabareskrim Polri Komjen Agus Andrianto belum terlalu familiar profilnya di tengah masyarakat. Ini data profil dan biodata Agus Andrianto penerus Listyo Sigit Prabowo.
Pengganti Listyo Sigit Prabowo: Komjen Agus Andrianto Terimbas Isu Aliran Dana Tambang Liar
Agus Harimurti Yudhoyono mendapat kritik dari loyalis pendukung Ganjar Pranowo. Bahkan menyebut AHY 'Miskin Literasi', rakyat hanya perlu makan.
Rakyat Hanya Butuh Makan: Loyalis Ganjar Sebut AHY Miskin Literasi
Jaksa Penuntut Umum (JPU) akan jemput paksa dua bekas suruhan Ferdy Sambo. Kedua orang itu Radite Hernawa dan Agus Saripul, Kasus Hendra
Kasus Hendra dan Agus, Jaksa Ancam Jemput Paksa Eks Suruhan Ferdy Sambo
Jaksa Penuntut Umum (JPU) akan jemput paksa dua bekas suruhan Ferdy Sambo. Kedua orang itu merupakan anggota Div Propam Polri, yakni Radite Hernawa dan Agus Saripul Hidayat.
Obstruction of Justice Hendra dan Agus Gagal, Ketua RT Ferdy Sambo Sakit