Bawaslu Tanah Datar: Terima 485 Pendaftar Calon Panwascam

Teraskabar.com - Sebanyak 485 pendaftar calon anggota Panwascam (Panitia Pengawas Kecamatan) Pemilu 2024 mendaftar di Bawaslu Tanah Datar, Provinsi Sumatera Barat (Sumbar).

Ilustrasi kantor Bawaslu [Foto: Canva]

Teraskabar.com - Sebanyak 485 pendaftar calon anggota Panwascam (Panitia Pengawas Kecamatan) Pemilu 2024 mendaftar di Bawaslu Tanah Datar, Provinsi Sumatera Barat (Sumbar).

Jumlah tersebut setelah seminggu lamanya Bawaslu Tanah Datar, Sumbar membuka peluang bagi calon anggota Panwascam. "Kemarin kami tutup, tepat pukul 17.00 WIB," ujar Hamdan, Ketua Bawaslu Tanah Datar, Rabu, (28/9/2022).

Penerimaan pendaftar calon anggota panitia pengawas kecamatan tidak lagi ada perpanjangan. "Sudah memenuhi jumlah minimal," aku Hamdan.

Berikut Rincian dan Penempatan Panwascam

Ketua Bawaslu Tanah Datar, Hamdan mengurai sebaran dan penempatan anggota Panswascm di Tanah Datar. Dari jumlah total itu terbagi atas 246 perempuan dan 239 pria.

Penempatan anggota Panitia Pengawas Kecamatan tersebar di 14 kecamatan:

Pada Kecamatan Sungayang terdiri 27 pelamar terdiri 13 laki-laki, 14 perempuan, kemudian di Kecamatan Sungai Tarab terdapat 56 pendaftar terdiri 6 laki-laki, 30 perempuan. Selanjutnya di Kecamatan Pariangan ada 34 pelamar masing-masing 15 laki-laki, 19 perempuan.

Sementara di Kecamatan Limo Kaum 61 pendaftar terdiri atas 32 perempuan dan 29 laki-laki. Lalu di Kecamatan X Koto terdapat 20 pelamar dengan rincian 5 perempuan dan 15 laki-laki.

Selanjutnya Kecamatan Tanjung Emas terdapat 28 pelamar dengan rincian 14 laki-laki, 14 perempuan dan Kecamatan Lintau Buo terdapat 20 pendaftar dengan jumlah 13 laki-laki, 7 perempuan.

Kecamatan Salimpaung 28 pendaftar terdiri atas 14 laki-laki, dan 14 perempuan. Menyusul Kecamatan Padang Ganting 31 pendaftar dengan total 12 laki-laki dan 19 perempuan. Lalu Kemudian di Kecamatan Tanjung Baru 23 pelamar terdapat 9 laki-laki, dan 14 perempuan.

Kecamatan Batipuh 38 pendaftar terdiri 19 laki-laki, 19 perempuan, dan Kecamatan Rambatan 68 pelamar (32 laki-laki, 36 perempuan). Mengikuti Kecamatan Lintau Buo Utara 39 pendaftar dengan rincian 22 laki-laki, dan 17 perempuan dan Kecamatan Batipuh Selatan 12 pendaftar 6 laki-laki, dan 6 perempuan.

"Dari sebaran penempatan itu terbanyak di Kecamatan Rambatan yakni 68 anggota Panswacam, adapun penempatan anggota paling minim di Kecamatan Batipuh Selatan, 12 anggota,” ungkap Hamdan.

Rincian Jadwal Panwascam Mulai Penelitian-Hasil

Bawaslu Tanah Datar akan melakukan penelitian kelengkapan berkas persyaratan administratif calon pada 28-30 September 2022.

Selanjutnya penelitian berkas administrasi pendaftaran calon pada 9-11 Oktober, dan pengumuman hasilnya pada 12 Oktober 2022.

Baru setelah itu, tanggapan dan masukan dari masyarakat selama 12-18 Oktober.

Para pelamar anggota Panwascam ikut tes tertulis pada 14-16 Oktober, dan pengumuman hasilnya pada 17 Oktober 2022.

Setelah itu ada tes wawancara pada 18-22 Oktober dan pengumuman hasilnya pada 25 Oktober 2022.

Baca Juga: Penerbangan Kuala Lumpur-Padang, Eka Putra: Tanah Datar Paling Siap Sambut Wisatawan Mancanegara

"Pada 26-28 Oktober 2022 mendatang merupakan proses pelantikan anggota resmi Panwascam Tanah Datar," sebut Hamdan. [*]

Dapatkan update berita terkini, seputar peristiwa, olahraga, hiburan, lifestyle, tekno dan film setiap hari dari Teraskabar.com di Google News.

Baca Juga

Agus Harimurti Yudhoyono mendapat kritik dari loyalis pendukung Ganjar Pranowo. Bahkan menyebut AHY 'Miskin Literasi', rakyat hanya perlu makan.
Rakyat Hanya Butuh Makan: Loyalis Ganjar Sebut AHY Miskin Literasi
Ketahanan pangan, pertanian dan peternakan menjadi prioritas kerja sama antara pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tanah Datar dan pemerintah Kabupaten (Pemkab Bungo. Tiga prioritas itu sah lewat penandatanganan bersama di Kantor Bupati Tanah Datar Sumbar Jumat (4/11/2022).
Pemkab Tanah Datar dan Bungo Sinergi Ketahanan Pangan
Teraskabar.com - Sebanyak 8 partai politik di Kota Padang Sidempuan, Sumatera Utara (Sumut) melakukan verifikasi faktual keanggotaan parpol calon peserta Pemilu 2024.
8 Partai Politik Padang Sidempuan Verifikasi Faktual Pemilu 2024, Termasuk PSI
Teraskabar.com - Athari Gauthi Ardi merupakan anggota Komisi V DPR RI. Pada kesempatannya ia mengingatkan masyarakat di Nagari Selayo Tanang Bukik Silek agar waspada politik pecah belah.
Pemilu 2024, Athari Gauthi Ardi: Waspada Politik Pecah Belah
Membangun Sumbar, Irjen Pol (Purn) Fakhrizal Pilih PDI Perjuangan Teraskabar.comm - Irjen Pol (Purn) Fakhrizal memilih bergabung dengan Partai Demokrasi Indonesia (PDI) Perjuangan, untuk membangun Sumatera Barat (Sumbar). Menurut Irjen Pol (Purn) Fakhrizal, kenapa milih PDI Perjuangan, karena partai politik tersebut sangat peduli dengan masyarakat kelas bawah.
Membangun Sumbar, Irjen Pol (Purn) Fakhrizal Pilih PDI Perjuangan
Bawa Perubahan, Bhenz Maharajo Diharapkan Maju di Pemilihan Legislatif
Bawa Perubahan, Bhenz Maharajo Diharapkan Maju di Pemilihan Legislatif