APBN Tak Kuat Bangun Kereta Cepat Jakarta Surabaya

Pembangunan Kereta Cepat Jakarta Surabaya menurut Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, kalau berharap dari biaya APBN tidak kuat. Sehingga membutuhkan dana alternatif agar proyek angkutan massal alias transportasi itu terwujud.

Potret kereta cepat Jakarta Bandung (KCJB). [Foto: keretacepat_id]

Teraskabar.com - Pembangunan Kereta Cepat Jakarta Surabaya menurut Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, kalau berharap dari biaya APBN tidak kuat. Sehingga membutuhkan dana alternatif agar proyek angkutan massal alias transportasi itu terwujud.

Memang, aku Budi Karya Sumadi Kereta Cepat Jakarta Surabaya adalah pembangunan jangka panjang, Salam halnya dengan pembangunan MRT.

"Pembangunan transportasi itu butuh waktu lama dan tentunya bertahap. Pemerintah saat ini mencari dana alternatif selain dari APBN, pendanaan kreatif," ucap Budi tempo hari, (4/11/2022).

Menhub Budi menerangkan, rencana pembangunan kereta cepat perlu melibatkan lembaga maupun kementerian. Berkemungkinan bisa ada solusi dengan keterlibatan tersebut, mulai dari kerja sama pemerintah dengan badan usaha (KPBU), baik BUMN atau swasta nasional maupun asing.

"Kami harus mencari alternatif melalui pendanaan kreatif, agar tidak mengganggu APBN yang prioritas untuk kebutuhan yang lebih mendasar," kata Menhub Budi Karya Sumadi.

Bila kereta cepat Jakarta Surabaya ini terealisasi akan mempersingkat perjalanan antar kedua wilayah. Jarak tempuh cuma 4 jam, yang melewati Jakarta - Karawang - Bandung - Kertajati - Purwokerto - Yogyakarta - Solo - Madiun - Surabaya.

Baca Juga: Biaya Kereta Cepat Jakarta Bandung Membengkak, Harga China Rendah

Saat ini pembangunan tersebut masih dalam kajian, sebab membutuhkan energi banyak dan dana yang kuat. Sama halnya dengan pembangunan MRT, dengan rencana ide telah mulai 1985 dan terealisasi di 2013.

"Membutuhkan 28 tahun untuk dapat mewujudkannya, ya sama dengan MRT akhir 2013 telah mulai konstruksi pembangunannya," ungkap Budi. [*]

Sumber Artikel : Suara

Dapatkan update berita terkini, seputar peristiwa, olahraga, hiburan, lifestyle, tekno dan film setiap hari dari Teraskabar.com di Google News.

Baca Juga

Menteri Sosial Tri Rismaharini juga menambah dapur umum yang berlokasi di Bekasi maupun di Jakarta. Dapur umum tersebut beroperasi mulai Sabtu ini, Sabtu (26/11/2022).
Menteri Sosial Tri Rismaharini Tambah Dapur Umum Buat Korban Gempa Cianjur
Mensos Tri Rismaharini Bantu Penjual Nasi Padang, Paketin Buat Korban Gempa Cianjur
Mensos Tri Rismaharini Bantu Penjual Nasi Padang, Paketin Buat Korban Gempa Cianjur
Sosok Kabareskrim Polri Komjen Agus Andrianto belum terlalu familiar profilnya di tengah masyarakat. Ini data profil dan biodata Agus Andrianto penerus Listyo Sigit Prabowo.
Pengganti Listyo Sigit Prabowo: Komjen Agus Andrianto Terimbas Isu Aliran Dana Tambang Liar
Agus Harimurti Yudhoyono mendapat kritik dari loyalis pendukung Ganjar Pranowo. Bahkan menyebut AHY 'Miskin Literasi', rakyat hanya perlu makan.
Rakyat Hanya Butuh Makan: Loyalis Ganjar Sebut AHY Miskin Literasi
Jaksa Penuntut Umum (JPU) akan jemput paksa dua bekas suruhan Ferdy Sambo. Kedua orang itu Radite Hernawa dan Agus Saripul, Kasus Hendra
Kasus Hendra dan Agus, Jaksa Ancam Jemput Paksa Eks Suruhan Ferdy Sambo
Jaksa Penuntut Umum (JPU) akan jemput paksa dua bekas suruhan Ferdy Sambo. Kedua orang itu merupakan anggota Div Propam Polri, yakni Radite Hernawa dan Agus Saripul Hidayat.
Obstruction of Justice Hendra dan Agus Gagal, Ketua RT Ferdy Sambo Sakit