Apa Itu IHSG? Lengkap Cara Hitung, Pengertian, dan Manfaat

Bila sobat teraskabar.com merupakan investor pemula, Berikut pengertian dan apa Itu IHSG? lengkap cara hitung, pengertian, dan manfaat saham

IDX Composite [Foto: Graphic/Canva]

Teraskabar.com - Pengertian IHSG tentu tak asing terdengar bagi pelaku pasar modal atau investor saham. Bila sobat teraskabar merupakan investor pemula, ingin cari pendapatan bermain saham.

Berikut kami berikan cara memahami IHSG dan pokok penting dalam bermain saham. IHSG adalah salah satu indeks saham di Bursa Efek Indonesia (BEI).

Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) adalah indeks yang mengukur kinerja harga semua saham yang tercatat di Bursa Efek Indonesia. Di pasar global, IHSG juga dikenal sebagai Indonesia Composite Index (ICI) atau IDX Composite.

Sebelum sobat ingin kenal lebih dalam tentang Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG). Ini pengertian indeks saham yaitu ukuran statistik yang mencerminkan keseluruhan pergerakan harga atas sekumpulan saham, yang dipilih berdasarkan kriteria dan metodologi tertentu membutuhkan evaluasi secara berkala.

Apa itu IHSG?

IHSG merupakan singatan dari Indeks Harga Saham Gabungan atau dalam bahasa Inggris disebut juga Indonesia Composite Index (ICI). IHSG dikenal juga dengan sebutan IDX Composite.

Adapun definisi atau pengertian dari IHSG ialah indeks yang mengukur kinerja harga semua saham yang tercatat di Papan Utama dan Papan Pengembangan Bursa Efek Indonesia.

Dalam klasifikasi indeks-indeks yang ada di BEI, IHSG tergolong sebagai indeks headline pada sub klasifikasi komposit (composite).

IHSG satu-satunya indeks yang masuk pada sub klasifikasi itu. Indeks headline sendiri adalah indeks yang dijadikan acuan utama untuk menggambarkan kinerja pasar modal.

Selain sub klasifikasi komposit, dalam klasifikasi headline terdapat pula sub klasifikasi lainnya yakni papan (board), liquidity, dan liquidity co-branding.

Adapun IHSG sendiri diperkenalkan pertama kali pada tanggal 1 April 1983, sebagai indikator pergerakan harga saham di BEI yang saat itu masih bernama Bursa Efek Jakarta (BEJ).

Cara Hitung IHSG

Mulainya perhitungan IHSG adalah tanggal 10 Agustus 1982. Pada tanggal tersebut, Indeks sepakat dengan Nilai Dasar 100 dan saham tercatat pada saat itu berjumlah 13 saham. Sejak saat itu, IHSG mencatat setiap saham tanpa terkecuali yang listing pada Papan Utama dan Papan Pengembangan BEI.

Saham yang tercatat di Papan Utama atau Papan Pengembangan BEI akan masuk dalam indeks Komposit BEI sejak tanggal pencatatan. Sementara saham yang delisting dari Papan Utama atau Papan Pengembangan BEI akan keluar dari Komposit BEI sejak tanggal efektif delisting.

Adapun salam hal informasi pasar yang penting dari suatu saham tertentu dapat mempengaruhi indeks secara signifikan, BEI dapat mempertimbangkan untuk mengeluarkan sebagian atau seluruh saham suatu saham tertentu dari BEI.

Dasar cara perhitungan IHSG adalah jumlah Nilai Pasar dari total saham yang tercatat pada tanggal 10 Agustus 1982.

Jumlah Nilai Pasar adalah total perkalian setiap saham tercatat, kecuali untuk perusahaan yang berada dalam program restrukturisasi dengan harga di bursa pada hari tersebut.

Perhitungan Indeks merepresentasikan pergerakan harga saham di pasar/bursa yang terjadi melalui sistem perdagangan lelang.

Nilai Dasar akan disesuaikan secara cepat bila terjadi perubahan modal emiten atau terdapat faktor lain yang tidak terkait dengan harga saham. Penyesuaian akan dilakukan bila ada tambahan emiten baru, HMETD (right issue), partial/company listing, waran dan obligasi konversi demikian juga delisting.

Baca Juga: Indeks Demokrasi Indonesia 2018 Naik Menjadi 72,39

Dalam hal terjadi stock split, dividen saham atau saham bonus, Nilai Dasar tidak disesuaikan karena Nilai Pasar tidak terpengaruh. Harga saham yang digunakan dalam menghitung IHSG adalah harga saham di pasar reguler yang didasarkan pada harga yang terjadi berdasarkan sistem lelang.

Perhitungan IHSG dilakukan setiap hari, yaitu setelah penutupan perdagangan setiap harinya. [*]

Dapatkan update berita terkini, seputar peristiwa, olahraga, hiburan, lifestyle, tekno dan film setiap hari dari Teraskabar.com di Google News.

Baca Juga

Perusahaan reAlpha menerima dukungan pembiayaan sebesar $200 juta dari Churchill Real Estate untuk mendorong pertumbuhan akuisisinya.
reAlpha Dapat Fasilitas Pembiayaan $200 Juta dari Churchill Real Estate
Inflasi dunia melonjak dan mengguncang dataran Eropa. Kroasia berharap dengan pindah mata uang Euro bisa memberi harapan baru bagi ekonomi
Indeks Teknologi Terdeteksi, IHSG Menguat 7.091 Persen Kamis Ini
Satgas Waspada Investasi (SWI) Otoritas Jasa Keuangan (OJK) membekukan 18 investasi bodong per Oktober 2022. Daftar Investasi Bodong 2022
Oktober 2022, OJK Bekukan 18 Investasi Bodong
Kurs Dollar-Rupiah di Bank Mandiri Hari Ini
Kurs Dollar-Rupiah di Bank Mandiri Hari Ini
Layanan Digitalisasi Keuangan Bagi UMKM Sangat Perlu, Ini Kata Pengamat
Layanan Digitalisasi Keuangan Bagi UMKM Sangat Perlu, Ini Kata Pengamat
Saat ini DANA berada di peringkat satu dompet digital (e-wallet) populer di Indonesia 2022, berdasar survei Jakpat. kategori Gen X, Milenial,Z
Survei Jakpat: DANA Peringkat Satu Dompet Digital Populer 2022