Anies Baswedan Mendapat Dukungan di Sumbar, Begini Elektabilitasnya

Teraskabar.com - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mendapat dukungan untuk maju dalam dalam Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024.

Kelompok yang mendukung Anies sebagai presiden antara lain para relawan Anies Centre Indonesia (ACI).

Saat ini, kelompok tersebut tengah membentuk dewan pengurus wilayah (DPW) di tingkat Provinsi Sumatera Barat (Sumbar).

Oleh karena itu, penyaringan pengurus DPW ACI Sumbar telah dimulai sejak Senin (26/9/2022) kemarin.

"ACI merupakan wadah relawan yang akan mengawal Anies Baswedan untuk mengikuti Pilpres 2024," ungkap Herman Diansyah, Sekretaris DPW ACI Sumbar, Rabu(28/9/2022).

Ia menyebut terdapat 500 orang telah mendaftar sebagai relawan ACI di Sumbar.

Dengan demikian, dalam waktu dekat ACI akan mengadakan acara deklarasi dukungan untuk Anies sebagai calon presiden (Capres).

Sebelumnya, pihaknya akan melengkapi struktur kepengurusan DPW ACI hingga di tingkat kota dan kecamatan.

Ia menegaskan satu syarat untuk bergabung ACI, yakni berkomitmen mendukung Anies menjadi presiden pada 2024 mendatang.

Dengan demikian, ia akan merangkul para pendukung Anies Baswedan yang berasal dari berbagai kalangan.

Sebelumnya, dukungan terhadap Anies Baswedan dari sejumlah masyarakat Sumbar telah muncul.

Antara lain, puluhan massa Gerakan Masyarakat Peduli Tanah Air (GEMPITA) yang mendeklarasikan dukungan terhadap Anies sebagai capres. 19 Maret 2022 silam.

Dalam deklarasi di mal pelayanan publik Pasar Raya Padang tersebut, massa mendukung Anies berpasangan dengan Agus Harimurti Yudhoyono sebagai Cawapres.

"Terkait deklarasi yang pernah terlaksana, ACI DPW Sumbar sudah pasti akan merangkul untuk menyatukan suara untuk Anies," ucap Herman, di Padang, Sumatera Barat.

Bahkan, ACI tidak menutup kemungkinan untuk berafiliasi dengan partai politik (parpol) yang akan mengusung Anies sebagai capres.

"Saat ini ACI masih merupakan relawan, ke depannya bisa jadi kami akan berafiliasi dengan partai pengusung Anies Baswedan," ujarnya.

Elektabilitas Anies Baswedan di Sumbar

"Elektabilitas Anies Baswedan di Sumbar sangat bagus. Berdasarkan komunikasi kami dengan anak nagari di masing-masing wilayah Sumbar, sangat tinggi pilihannya untuk Pak Anies Baswedan," klaim Herman.

Sebelumnya, Lembaga Survei Indonesia (LSI) mengumumkan hasil survei elektabilitas beberapa kandidat capres pada Maret 2022 silam.

Berdasarkan survei tersebut, Anies Baswedan menempati peringkat 2 sebagai kandidat dengan elektabilitas tertinggi di Sumbar dengan nilai 38,4 persen.

Elektabilitas Mantan Menteri Pendidikan itu berada di bawah Prabowo Subianto dengan nilai 41 persen di Sumbar.

Berdasarkan simulasi tertutup tersebut, menyusul elektabilitas Sandiaga Uno 6,5 persen, Ganjar Pranowo 5,1 persen, Ridwan Kamil 1,7 persen.

Baca Juga: Mendagri Stabilitas Politik Masih Aman

Airlangga Hartarto berada di peringkat terendah, 0,1 persen. Sementara koresponden yang tidak menjawab sebanyak 10,9 persen.

Dapatkan update berita terkini, seputar peristiwa, olahraga, hiburan, lifestyle, tekno dan film setiap hari dari Teraskabar.com di Google News.

Baca Juga

Momentum HUT ke-11 Liga Mahasiswa NasDem 2022 di Sumatera Barat. Ketua Liga Mahasiswa NasDem (LMN) Sumbar, Budi Ramadhon mengatakan, selalu berbenah dan melancarkan program kerja.
HUT ke-11 Liga Mahasiswa NasDem di Sumbar, Budi Ramadhon: Menguatkan Perjuangan
Milad ke-99 Diniyyah Puteri di Padang Panjang, Sumatera Barat (Sumbar). Gubernur Mahyeldi menilai selama ini Diniyyah Puteri sudah berkontribusi banyak terhadap bangsa.
Milad ke-99 Diniyyah Puteri Padang Panjang, Mahyeldi: Mengukir Sejarah
Lembaga Bantuan Hukum (LBH) GP Ansor Sumbar layangkan pengaduan ke Komnas HAM Perwakilan Sumatera Barat, Jumat (4/11/2022).
Mahasiswa Ini Kadukan Kasus Kekerasan Bareng LBH GP Ansor Sumbar ke Komnas HAM
Pengacara Hotman Paris terus mengontrol kasus Irjen Teddy Minahasa Putra, mantan Kapolda Sumatera Barat (Sumbar). Penasihat hukum jenderal bintang dua di pundak itu mengaku, kalau Teddy adalah korban.
Hotman Paris Jamin Teddy Minahasa Putra Tidak Kabur, Ia Adalah Korban
Kasus yang menyeret mantan kapolda Sumbar, Irjen Pol Teddy Minahasa Putra terus bergulir. Penyidik Ditrenarkoba Polda Metro Jaya terus merampungkan berkas sang jenderal bintang dua Polri. Penyidik saat ini tengah melengkapi berkas perkara untuk segera ke tahap satu, dua terkait tersangka kasus peredaran narkoba.
Polda Metro: Berkas Kasus Irjen Teddy Minahasa Segera Rampung
Enam madrasah Sumatera Barat ikut kompetisi Kompetisi Robotik Madrasah atau Madrasah Robotic Competition (MRC), 22-23 November 2022.
6 Madrasah Siap Harumkan Sumatera Barat di Kompetisi Robotik Madrasah tingkat Nasional