Alumni FIB Unand Kawal Kasus Pelecehan Seksual Mahasiswi Padang, Hidayat Geram

Desakan menuntas kasus pelecehan seksual di Universitas Andalas atau Unand mulai bergulir. alumni Fakultas Ilmu Budaya atau FIB Unand juga ikut berkomentar

Jajaran rektorat Universitas Andalas menggelar konferensi pers, Jumat (23122022)

Terasakabar.com - Desakan menuntas kasus pelecehan seksual di Universitas Andalas atau Unand mulai bergulir. Bahkan Liga Mahasiswa NasDem Sumatera Barat juga turut prihatin atas kasus dugaan tindak pidana tersebut.

Selain dari Liga Mahasiswa NasDem, para alumni Fakultas Ilmu Budaya atau FIB Unand juga ikut berkomentar. Kedua kelompok organisasi ini mengawal peristiwa tersebut. Sama-sama mendesak agar Satgas PPKS atau Satuan Tugas Penanganan Kekerasan Seksual segera mengambil kebijakan.

Dugaan mahasiswi Unand mendapat pelecehan seksual dari oknum dosen kampus terbesar di Indonesia terutama di Sumatera saat ini jadi sorotan, seperti kata Hidayat, Ketua Ikatan Alumni FIB Unand, Jumat (23/12/2022).

Sebagai alumni sangat malu dan geram sekaligus prihatin atas berita kasus pelecehan seksual itu, ini bukan saja jadi preseden buruk bagi universitas, melainkan telah mencederai pendidikan di Indonesia.

Mewakili dari Ikatan Alumni FIB Unand, Hidayat mengemukakan, agar Satgas PPKS Unand untuk tidak berlama-lama dalam mengambil keputusan dan segera menindak perkara dugaan pelecehan seksual tersebut.

Baca Juga: Liga Mahasiswa NasDem Sumbar Kutuk Kasus Pelecehan Seksual di Unand, Budi: Tindak Secara Hukum

Kasus pelecehan seksual terhadap perempuan itu, Hidayat sebagai ketua bersama para alumni Fakultas Ilmu Budaya Universitas Andalas, meminta agar kampus terutama fakultas FIB bersama-sama mendorong kasus ini, dengan memberi rasa aman, nyaman.

"Kami alumni meminta semua civitas akademika untuk memberi rasa aman, nyaman, terutama akan potensi tindak kekerasan dan atau pelecehan seksual terutama bagi mahasiswa atau mahasiswi, yang sedang mengikuti proses perkuliahan," ungkap Hidayat.

Penekanan tersebut terlebih kepada mahasiswa atau mahasiswi yang sedang mengikuti proses perkuliahan, terutama itu yang sedang proses mengikuti masa akhir studi alias bimbingan akademis.

Para alumni FIB UA atau Unand siap memberikan pendampingan hukum, moril terhadap mahasiswa FIB Unand.

"Kami siap memberi pendampingan, bantuan hukum terhadap adik-adik yang mengalami kasus kekerasan dan atau tindak pidana pelecehan seksual. Jangan sungkan mengadu kepada alumni," tutur Hidayat.

Baca Juga: Nama Kampus Unand Terseret Kasus Pelecehan Seksual, Rektor Yuliandri Mengamuk

Satgas PPKS saat ini sedang mendalami kasus dugaan pelecehan seksual tersebut, bahkan sejak terbentuk Oktober 2022 sampai sekarang masih terus bekerja melakukan investigasi.

"Kami sangat menghormati proses tersebut, sebagai mana upaya dalam mencari fakta dan data serta upaya memberikan perlindungan terhadap korban secara hukum atas perbuatan oknum pelaku," tuturnya.

Kampus Unand atau Universitas Andalas di Padang, Sumatera Barat terseret namanya akan kasus pelecehan seksual terhadap seorang mahasiswi di salah satu fakultas oleh oknum dosen.
Oknum dosen terduga pelaku pelecehan seksual terhadap mahasiswi di Universitas Andalas Padang, Sumatera Barat. [Foto: Dokumentasi/FB]

Alumni Fakultas Ilmu Budaya (FIB) Unand juga membantah kalau oknum dosen berinisial KC, bukan alumnus atau lulusan dari FIB UA.

"Oknum pelaku itu bukan alumnus FIB Unand, dan kami sekali lagi menghormati proses yang ada. Namun, kami juga mendesak agar perkara tindak pidana tersebut benar-benar independen dalam penyidikan sesuai aturan maupun hukum berlaku," ungkap Hidayat.

Baca Juga: BEM KM Unand Tuntut Gubernur dan Wagub Sumbar, Tuntaskan Persoalan Petani

Melansir dari Teraskabar.com, Jumat (23/12/2022), pihak Universitas Andalas telah menonaktifkan oknum dosen berinisial KC, karena terduga kasus pelecehan seksual terhadap seorang mahasiswi yang bimbingan kepadanya.

Ketua Satgas PPKS Unand Rika Susanti mengutarakan, pihak kampus Unand Padang bakal menuntaskan kasus dugaan pelecehan seksual, untuk keberlangsungan pendidikan korban. [*]

Dapatkan update berita terkini, seputar peristiwa, olahraga, hiburan, lifestyle, tekno dan film setiap hari dari Teraskabar.com di Google News.

Baca Juga

Muhammad David Mawardi terpilih sebagai Ketua Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Kabupaten Padang Pariaman
Muhammad David Mawardi Nakhodai KNPI Padang Pariaman
Door to Door: Badan Rescue NasDem dan Garnita Ulurkan Bantuan Korban Banjir Padang
Door to Door: Badan Rescue NasDem dan Garnita Ulurkan Bantuan Korban Banjir Padang
Teraskabar.com - Aksi heroik sopir pick up dan polisi Satlantas Polres Padang Pariman gagalkan aksi jambret di Ampang, Kota Padang mendapat apresiasi dari netizen.
Aksi Heroik Sopir Pick Up Gagalkan Aksi Jambret di Ampang Padang Bareng Polisi Satlantas Padang Pariaman
Desak Tarif Angkot Naik, Mastilizal Aye: Pemilik Gabung Saja Sama Trans Padang Teraskabar.com - Ketua Organda Padang Mastilizal Aye memastikan harga tarif angkutan kota naik
Desak Tarif Angkot Naik, Mastilizal Aye: Pemilik Gabung Saja Sama Trans Padang
Ribut Kursi Wawako Padang, Faisal Nasir Sebut Ada Upaya Penggulingan Walikota Hendri Septa. Teraskabar.com - Ada unsur menjatuhkan Wali Kota
Ribut Kursi Wawako Padang, Faisal Nasir Sebut Ada Upaya Penggulingan Walikota Hendri Septa
Usai Tersesat, Edi Pemotor Trabas Meninggal di Bukit Barisan Limapuluh Kota. Teraskabar.com - 14 pemotor trabas yang tersesat atau hilang saat ekspedisi di Bukit Barisan, Kabupaten Limapuluh Kota.
Usai Tersesat, Edi Pemotor Trabas Meninggal di Bukit Barisan Limapuluh Kota