AHY Putra SBY Bakal Cawapres 2024 Urutan Kedua

AHY Putra SBY Bakal Cawapres 2024

AHY saat mendengarkan arah dari Susilo Bambang Yudhoyono [Foto: Instagram]

Teraskabar.com - Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) bakal jadi Cawapres 2024. Berdasarkan survei The Republic Institute, putra SBY itu berada di urutan kedua sebanyak 11,5 persen.

Menurut The Republic Institute elektabilitas AHY menurun, walau demikian, putra SBY itu jadi cawapres rebutan dari partai lain untuk Pilpres 2024.

Adapun posisi pertama berdasar hasil survei ialah Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo dengan nilai 12,4 persen.

Asumsi The Republic Institute Sufyanto, pergeseran AHY dalam survei hal biasa. Akan tetapi ini peluang bagi putra Susilo Bambang Yudhoyono menjadi cawapres.

Besar kemungkinan partai politik melirik AHY dan mencalonkan Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) sebagai bakal calon presiden 2024.

"Dulu wakil itu tidak terlalu memberikan kontribusi. Tapi kalau saya lihat hari ini mas AHY bakal memberikan kontribusi banyak. Sehingga mas AHY bakal jadi rebutan kalau melihat data seperti ini," kata Sufyanto di Kemang, Jakarta pada Selasa (4/10/2022).

Berdasar survei di Pulau Jawa, suara terbanyak yang akan memilih AHY sebagai cawapres. Secara persentase di Jawa Tengah ada 11,7 persen. Kemudian di Yogyakarta 16,4 persen dan Banten 22,3 persen.

Sementara survei terhadap Ketua Umum Partai Demokrat 2020-2025 pada Kongres V di Jakarta. Wilayah DKI Jakarta hanya 6,9 persen dan Jawa Barat terdapat 5,5 persen.

"Kalau melihat seperti ini maka yang bisa support suara presiden itu ya ada di Mas AHY, sebagai Ketum Demokrat," tutur The Republic Institute Sufyanto.

Sekadar informasi, survei The Republic Institute berlangsung sejak 28 Agustus - 12 September 2022. Mode pengambilan sampel ialah Multistage Random Sampling.

Sampel sebanyak 1.200 responden, dan margin of error sebanyak 2,8 persen. Sementara inklusi responden ialah masing-masing yang memiliki hak pilih di Pemilu 2019.

Sementara itu, hasil survei Charta Politica menyatakan Sandiaga Uno dan Ridwan Kamil memiliki elektabilitas tertinggi sebagai cawapres.

Baca Juga: Tiket Pemilu 2024, Ridwan Kamil Bangun Komunikasi dengan Tokoh Parpol

Elektabilitas Sandiaga mencapai 27,6 persen, diikuti Ridwan Kamil 16,5 persen. Dalam survei Charta, elektabilitas AHY hanya 8,8 persen.

Survei Charta Politica digelar 25 Mei-2 Juni 2022. Melibatkan 1.200 responden. [*]

Dapatkan update berita terkini, seputar peristiwa, olahraga, hiburan, lifestyle, tekno dan film setiap hari dari Teraskabar.com di Google News.

Baca Juga

Survei capres 2024 terbaru saat ini Prabowo Subianto dan Anies Baswedan tersalip oleh Ganjar Pranowo, adapun Prabowo dan Anies saling bersaing di peringkat posisi kedua.
Survei Capres: Prabowo dan Anies Baswedan Kena Salip Ganjar Pranowo
Agus Harimurti Yudhoyono mendapat kritik dari loyalis pendukung Ganjar Pranowo. Bahkan menyebut AHY 'Miskin Literasi', rakyat hanya perlu makan.
Rakyat Hanya Butuh Makan: Loyalis Ganjar Sebut AHY Miskin Literasi
Presiden Jokowi Minta Pemda Redam Kenaikan Harga, Ganjar Pranowo: Pakai Skenario
Prabowo Subianto Terima Restu Jokowi, Presiden: Sejak Awal Saya Dukung Beliau
Partai Persatuan Pembangunan (PPP) punya risiko gagal masuk Parlemen 2024. Analis dan Direktur Eksekutif Aljabar Strategic, Arifki Chaniago
Ahli Strategi: PPP Punya Risiko Gagal Masuk Parlemen 2024
Presiden Joko Widodo atau Jokowi menegaskan kalau dirinya selalu memberikan restu kepada Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto.
Pengamat Ini Bedah Soal Isu Jokowi Ketum PDI Perjuangan, Tony: Disharmonisasi
Katanya: Doakan Jokowi Ketum PDIP 2024, Ganjar Pranowo Bilang Ini
Jokowi Ketum PDI Perjuangan, Gibran Menjawab