Aceh Utara Banjir, Sawah Seluas 230 Hektar Terancam Gagal Panen

Aceh Utara Banjir, Sawah Seluas 230 Hektar Terancam Gagal Panen

Aceh Utara banjir, sawah 230 Hektar terancam gagal panen. [Foto: Rusli/Facebook]

Teraskabar.com - Banjir terjadi pascahujan deras mengguyur wilayah Kabupaten Aceh Utara, Selasa (4/10/2022), dengan tinggi muka air hingga 60 sentimeter.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Aceh Utara melaporkan kepada Pusdalops BNPB, sedikitnya ada 13 gampong (desa-red) di 2 kecamatan yang terdampak banjir.

Rincian Terdampak Banjir di Aceh Utara:

  • Gampong Beuracan Rata di Kecamatan Pirak Timu
  • Gampong Pente Pirak
  • Gampong Siren
  • Gampong Leubok Pirak
  • Gampong Meunye Pirak
  • Gampong Tanjong Haju Muda
  • Gampong Beuringen Pirak
  • Gampong Ceubrek Pirak
  • Gampong Lawang Pirak
  • Gampong Alue Tho
  • Gampong Hagu
  • Gampong Punti Matangkuli
  • Gampong Tumpok Barat

Hasil asesmen sementara, banjir telah merendam 580 unit rumah dengan jumlah penghuni 1.812 jiwa. Selain itu kurang lebih 230 hektar lahan persawahan terendam sehingga terancam gagal panen.

Hujan ringan dan sedang serta petir masih berpotensi terjadi di wilayah Aceh Utara hingga Jumat (7/10/2022), menurut informasi prakiraan cuaca dari Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG).

BNPB mengimbau kepada masyarakat dan pemangku kebijakan di daerah setempat, agar tetap waspada dan meningkatkan kesiapsiagaan, dari potensi bencana yang dapat dipicu oleh faktor cuaca.

Upaya seperti monitoring lereng perbukitan, susur sungai dan pembersihan aliran sungai dan kanal sera irigasi. Agar melakukan secara berkala untuk memininalisir potensi bencana susulan.

Apabila terjadi hujan dalam durasi lebih dari satu jam, maka masyarakat yang tinggal di bantaran sungai atau di lereng gunung maupun tebing agar mengungsi ke tempat yang lebih aman untuk sementara waktu.

Baca Juga: Kepala BNPB: Karhutla di Riau Disebabkan Ulah Manusia

Pastikan memperoleh perkembangan informasi terkait peringatan dini cuaca dari BMKG dan informasi mengenai penanggulangan bencana dari BNPB, BPBD, TNI, Polri dan lintas instansi lainnya. [*]

Dapatkan update berita terkini, seputar peristiwa, olahraga, hiburan, lifestyle, tekno dan film setiap hari dari Teraskabar.com di Google News.

Baca Juga

Kondisi cuaca di Padang, Sumatera Barat (Sumbar) hingga 23 November 2022, hujan disertai angin kencang. Beberapa titik bencana alam terjadi seperti longsor di kawasan Kecamatan Padang Selatan.
Longsor Bukit Peti Peti Padang Halangi Akses Masyarakat dan Kendaraan
Korban kebakaran di Padang, Jalan Sutan Syahrir mencapai Rp 300 juta, setelah petugas pemadam kebakaran Kota Padang melakukan pemadaman
Kerugian Korban Kebakaran di Padang Tertaksir Rp 300 Juta
Pasca video viral penganiayaan terhadap salah seorang kepala sekolah di Padang tempo hari. Polisi di Padang memburu empat terduga pelaku lainnya, kata Kanit Reskrim Polresta Padang, Ipda Adrian Afandi, Sabtu (5/11/2022) di Mapolresta Padang.
Polisi Buru 4 Penganiaya Kepala Sekolah di Padang, Ipda Adrian: Baru 3 Tertangkap
Banjir bandang menerjang kampung Iboi, malam kemarin. Tim reaksi cepat melakukan evakuasi terhadap warga setempat di Kampung Padang Empang.
Banjir Bandang Kembali Landa Kampung Padang
Korban kebakaran di Padang, Jalan Sutan Syahrir mencapai Rp 300 juta, setelah petugas pemadam kebakaran Kota Padang melakukan pemadaman
8 Korban Kebakaran Kampung Jao Terima Bantuan Kemanusiaan
Kasus pembunuhan Brigadir J membuat hakim murka saat sidang. Persidangan terhadap saksi asisten rumah tangga (ART) Ferdy Sambo, Susi, Senin
Jawaban ART Ferdy Sambo Bikin Hakim Murka di Persidangan