53.905 Buku Nikah di Sumbar Dimusnahkan, Kemenag: Kedaluwarsa

Teraskabar.com — Kemenag Wilayah Sumatera Barat atau Sumbar musnahkan sebanyak 53.905 Buku Nikah di Padang, Selasa (20/12/2022).

Pimpinan Kemenag Wilayah Sumatera Barat bersama Polda Sumbar, Kejati maupun Kejaksaan negeri memusnahkan 53.905 Buku Nikah, di Padang, Selasa (20/12/2022).

Teraskabar.com — Kemenag Wilayah Sumatera Barat atau Sumbar musnahkan sebanyak 53.905 Buku Nikah di Padang, Selasa (20/12/2022).

Penghapusan dan atau pemusnahan buku nikah, selain kedaluwarsa, juga terdiri beberapa model dokumen, seperti kutipan Akta Nikah (Model NA), Duplikat Kutipan Akta Nikah (Model DN). Selanjutnya daftar pemeriksaaan nikah (Model NB) dan Akta Nikah (Model N).

"Jumlahnya 53.905 yang merupakan akumulasi dari data dokumen sejak 2015 hingga 2018," kata Kepala Bidang Urusan Agama Islam (Urais), Edison di Padang.

Kemudian penghapusan tersebut seiring terbitnya buku nikah terbaru, dan adapun pelaksanaan pemusnahan dokumen buku nikah dan berkas lainnya sesuai PMA Nomor 20 tahun 2019 tentang Pencatatan Pernikahan Menggunakan Formulir Buku Nikah. Yang berpedoman terhadap PP Nomor 27 tahun 2024 tentang pengelolaan BMN.

"Pemusnahan itu dengan melakukan pembakaran bersama lembaga hukum lainnya, dan pemusnahan buku nikah juga bersamaan dengan barang milik negara yang tercatat dan kedaluwarsa," ungkap Edison.

Baca Juga 800 Calon Anggota PPS Kelurahan Mendaftar, Ketua KPU Padang Riki : Harus Punya Integritas

Wawancara terpisah dengan Kakanwil Sumbar, Helmi menyampaikan, bahwa memang regulasinya sudah tepat dan memang dokumen 2015-2018 menurut catatan sudah out of date.

"Pemusnahan tersebut juga berguna untuk mengantisipasi penyalahgunaan oleh yang tidak bertanggungjawab. Kemudian membersihkan administrasi agar rapi kembali karena sudah ada aturan baru dan edisi buku nikah terbaru," tutup Helmi kepada Teraskabar.com. [*]

Dapatkan update berita terkini, seputar peristiwa, olahraga, hiburan, lifestyle, tekno dan film setiap hari dari Teraskabar.com di Google News.

Baca Juga

Door to Door: Badan Rescue NasDem dan Garnita Ulurkan Bantuan Korban Banjir Padang
Door to Door: Badan Rescue NasDem dan Garnita Ulurkan Bantuan Korban Banjir Padang
Teraskabar.com - Aksi heroik sopir pick up dan polisi Satlantas Polres Padang Pariman gagalkan aksi jambret di Ampang, Kota Padang mendapat apresiasi dari netizen.
Aksi Heroik Sopir Pick Up Gagalkan Aksi Jambret di Ampang Padang Bareng Polisi Satlantas Padang Pariaman
Desak Tarif Angkot Naik, Mastilizal Aye: Pemilik Gabung Saja Sama Trans Padang Teraskabar.com - Ketua Organda Padang Mastilizal Aye memastikan harga tarif angkutan kota naik
Desak Tarif Angkot Naik, Mastilizal Aye: Pemilik Gabung Saja Sama Trans Padang
Ribut Kursi Wawako Padang, Faisal Nasir Sebut Ada Upaya Penggulingan Walikota Hendri Septa. Teraskabar.com - Ada unsur menjatuhkan Wali Kota
Ribut Kursi Wawako Padang, Faisal Nasir Sebut Ada Upaya Penggulingan Walikota Hendri Septa
Viral! kronologi tewasnya tiga pemotor di Padang, yang merupakan remaja. Teraskabar.com - Tewasnya tiga pemotor di Padang, Sumatera Barat viral, lantaran rekaman cctv beredar.
Tuai Pro Kontra Netizen, Polisi Urai Kronologi Tewasnya Tiga Pemotor di Padang
Tiga Pemotor di Padang Tewas: Polisi Sebut Kecelakaan, Satpol PP Tawuran. Teraskabar.com - Tewasnya tiga pemotor di Padang, Sumatera Barat memicu ragam asumsi netizen. Peristiwa tewasnya tiga pemotor terjadi Minggu (22/1/2023) malam viral
Tiga Pemotor di Padang Tewas: Polisi Sebut Kecelakaan, Satpol PP Amankan Tawuran