3.702 Warga Terdampak Banjir Bandang Garut-Jawa Tengah

Wilayah DKI Jakarta terutama di Jakarta Selatan dan Jakarta Timur berpotensi banjir, mulai Kamis (13/10/2022) hingga Jumat besok, 14 Oktober

Kondisi di Garut, Jawa Tengah usai di terjang banjir bandang sejak Kamis (22/9/2022). [Foto: BPBD Garut]

Teraskabar.com - Sebanyak 3.702 warga terdampak banjir bandang dan longsor di Kabupaten Garut Provinsi Jawa Barat. Menurut laporan Pusdalops BNPB hingga Minggu (25//9/2022) terdapat satu warga alami luka berat, saat ini berada di rumah sakit.

Sejak banjir dan longsor, Kamis (22/9/2022) di Kabupaten Garut, Jawa Barat selain terdampak koban jiwa, juga kerugian infrastruktur. Terdapat lima unit rumah rusak berat, 19 unit rumah rusak sedang, dan 18 unit rumah rusak ringan,

"Total ada 1.156 unit rumah terdampak dari bencana tersebut," kata Abdul Muhari, Plt. Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB, Senin (26/9/2022).

Peristiwa banjir bandang Garut melanda daerah itu sejak Kamis (22/9/2022), Abdul Muhari menyebutkan sebanyak 1.213 KK / 3.702 jiwa terdampak.

Abdul Muhari menjelaskan, kejadian bencana alam di Garut, akibat debit air Sungai Cipelabuh dan Cikaso meluap. "Pasca hujan deras menyebabkan air sungai meluap dan beberapa tanggul terhantam hingga menerjang permukiman warga," kata Abdul Muhari.

Abdul Muhari menyampaikan, sejumlah fasilitas juga terdampak berdasar laporan dari BPBD kabupaten dan provinsi,. Fasilitas tersebut yakni 20 unit fasilitas pendidikan, delapan unit fasilitas ibadah. Tiga tanggul penahan tebing, dan lima unit jembatan serta empat titik jalan juga mengalami kerusakan.

"BPBD Garut bersama tim gabungan menuju lokasi terdampak untuk melakukan evakuasi, penyelamatan korban dan pendataan," kata Abdul Muhari.

Kondisi di Garut, Jawa Tengah usai di terjang banjir bandang sejak Kamis (22/9/2022). [Foto: BPBD Garut]
Kondisi di Garut, Jawa Tengah usai di terjang banjir bandang sejak Kamis (22/9/2022). [Foto: BPBD Garut]

"Garut status tanggap darurat kejadian banjir dan tanah longsor, kita juga sudah mendirikan beberapa pos komando penanggulangan darurat penanganan bencana, kata Bupati Garut, Rudy Gunawan, saat wawancara terpisah.

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geosfisika (BMKG) mengeluarkan peringatan dini potensi waspada hujan, potensi hujan yang dapat disertai kilat, hingga menjelang malam hari di wilayah Kabupaten Garut. Kemudian sebagian wilayah Jawa Barat pada Selasa (27/9/2022).

Sementara itu merujuk hasil kajian InaRISK BNPB, Kabupaten Garut merupakan wilayah dengan risiko bencana banjir dan longsor pada tingkat sedang hingga tinggi.

BNPB mengimbau kepada pemerintah daerah dan masyarakat untuk meningkatkan kesiapsiagaan, mengingat sebagian wilayah Indonesia akan memasuki musim pehujan.

Baca Juga: Gara-Gara Duit Rp15 Ribu, Remaja di Garut Bunuh dan Bakar Nenek

Hingga kini masih terus melakukan penanganan bencana, pemberian bantuan logistik dan juga melakukan pembersihan material akibat banjir dan longsor menggunakan alat berat. [*/TK]

Dapatkan update berita terkini, seputar peristiwa, olahraga, hiburan, lifestyle, tekno dan film setiap hari dari Teraskabar.com di Google News.

Baca Juga

Korban kebakaran di Padang, Jalan Sutan Syahrir mencapai Rp 300 juta, setelah petugas pemadam kebakaran Kota Padang melakukan pemadaman
Kerugian Korban Kebakaran di Padang Tertaksir Rp 300 Juta
Pasca video viral penganiayaan terhadap salah seorang kepala sekolah di Padang tempo hari. Polisi di Padang memburu empat terduga pelaku lainnya, kata Kanit Reskrim Polresta Padang, Ipda Adrian Afandi, Sabtu (5/11/2022) di Mapolresta Padang.
Polisi Buru 4 Penganiaya Kepala Sekolah di Padang, Ipda Adrian: Baru 3 Tertangkap
Kasus pembunuhan Brigadir J membuat hakim murka saat sidang. Persidangan terhadap saksi asisten rumah tangga (ART) Ferdy Sambo, Susi, Senin
Jawaban ART Ferdy Sambo Bikin Hakim Murka di Persidangan
MV Abusamah terbakar di Jetty 3B PT KBS (Krakatau Bandar Samudera). kapal pengangkut pupuk jenis Dea Amonium Phospat (DAP) milik PT PUSRI
Sedang Muat 1 Ton Lebih Pupuk, Kapal MV Abusamah Terbakar
Kapolri Jendral Listyo Sigit Prabowo meminta masyarakat untuk turut andil dalam menyebarluaskan moderasi beragama, terutama dalam menghadapi berbagai tantangan untuk mempertahankan kehidupan berbangsa dan bernegara.
Cegah Radikalisme, Kapolri Listyo Sigit: Moderasi Beragama Adalah Kunci
Teraskabar.com - Berita viral terkini seorang pemotor halangi ambulans di Jakarta Selatan (Jaksesl). Akibat ulahnya perseteruan terjadi antara pengantar pasien dalam mobil ambulans Rumah Sakit Pelni termasuk relawan.
Oknum Pemotor Halangi Ambulans RS Pelni di Jakarta Selatan