21 Peserta Latihan SAR Beregu di Ketinggian, Basarnas Padang: Wajib Tahu Jenis Bencana

21 Peserta Latihan SAR Beregu di Ketinggian, Basarnas Padang: Wajib Tahu Jenis Bencana

Peserta latihan SAR beregu di ketinggian melakukan praktek di tower kantor SAR Padang, Selasa (13/9/2022) | (Basarnas Padang/Teraskabar)

Teraskabar.com - Sebanyak 21 peserta mengikuti latihan SAR beregu di ketinggian September 2022. Kantor Pencarian dan Pertolongan (Basarnas) di Padang menggelarnya di gedung shelter dan tower SAR.

Para peserta latihan SAR beregu di ketinggian berasal dari anggota Pos SAR Pasaman, anggota Pos SAR Limapuluh Kota, kemudian dari Unit Siaga Solok Selatan (Solsel) termasuk anggota Basarnas di Padang.

Pelatihan pencarian dan pertolongan (SAR) di ketinggian akan berlangsung 13-15 September 2022. Jadwal tersebut kata Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Padang, Abdul Malik, S. Sos, berisi berbagai materi latih dan praktek.

Kakan SAR Padang Abdul Malik menerangkan, teori dan praktek bagi peserta pelatihan pencarian dan pertolongan di ketinggian, berupa sistem lifting, lowering, hingga manajemen tandu.

Tidak itu saja kata Abdul Malik, beberapa item dalam pelatihan bagi peserta akan mereka berikan.

"Ada analisis kebencanaan, harus tahu tentang jenis bencana. Sehingga para peserta dapat melakukan pemetaan untuk melakukan pencarian dan pertolongan terhadap korban dari ketinggian maupun di kedalaman," ujar Abdul Malik kepada Teraskabar.com, Selasa (13/9/2022).

Salah satu alasan menggelar pelatihan bagi anggota SAR beregu di ketinggian, setelah berkaca dari kondisi geografis daerah Sumatera Barat. Ini juga salah satu antisipasi bencana dalam upaya penyelamatan.

"Bencana itu macam-macam, ada kendaraan masuk jurang, ada warga tak sengaja masuk sumur dan lainnya," jelas Kakan SAR Abdul Malik di Padang.

Baca Juga: Ke Amerika 8 Jam, Barbie Kumalasari Bikin Hotman Ketawa

Sebanyak 21 peserta latihan SAR beregu di ketinggian dapat menerima materi latih. Agar dapat maksimal melakukan pencarian dan pertolongan kepada warga, dan siaga dalam keadaan apa pun saat bencana mengintai kapan saja.

"Paling utama kami ingatkan adalah keselamatan pribadi dan menjaga kesehatan, agar tetap maksimal dan bugar selama latihan SAR beregu di ketinggian berlangsung," pungkas Abdul Malik saat memberikan arahan di kantor pencarian dan pertolongan Padang. [*]

Dapatkan update berita terkini, seputar peristiwa, olahraga, hiburan, lifestyle, tekno dan film setiap hari dari Teraskabar.com di Google News.

Baca Juga

Kondisi cuaca di Padang, Sumatera Barat (Sumbar) hingga 23 November 2022, hujan disertai angin kencang. Beberapa titik bencana alam terjadi seperti longsor di kawasan Kecamatan Padang Selatan.
Longsor Bukit Peti Peti Padang Halangi Akses Masyarakat dan Kendaraan
Teraskabar.com - Gubernur Sumatera Barat Mahyeldi menargetkan pembangunan jalan tembus dari Bayang-Alahan Panjang selesai sebelum 2024. "Proses pinjam pakai hutan ke Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan sudah rampung. Tinggal pembangunan fisik. Kita targetkan rampung di 2023," kata Mahyeldi di Bayang, Rabu (19/10/22).
Jalan Kampung Kamu Rusak Lapor di Padang Kiniko
Korban kebakaran di Padang, Jalan Sutan Syahrir mencapai Rp 300 juta, setelah petugas pemadam kebakaran Kota Padang melakukan pemadaman
Kerugian Korban Kebakaran di Padang Tertaksir Rp 300 Juta
- Baru-baru ini Semen Padang FC mengumumkan telah menarik kiper Timnas Indonesia U-17, Ikram Algiffari untuk memperkuat tim berjuluk Kabau Sirah itu. Selain kiper Timnas U-17 Ikram Algiffari, Semen Padang FC (SPFC) juga bakal mengontrak rekannya Nabil Asyura, top skor Garuda Asia.
Semen Padang FC Tarik Kiper Timnas U-17 ke Kabau Sirah
Garda Pemuda NasDem (GPND) Sumbar mengapresiasi kerja Satreskrim Polresta Padang dalam mengungkap kasus eksploitasi seksual komersial anak di Padang. Hal itu kata Wakil Ketua Garda NasDem Sumbar, Aliyas Candra, Senin (7/11/2022).
Ungkap Eksploitasi Seksual Komersial Anak, Garda Pemuda NasDem Aliyas Candra: Kita Perlu Apresiasi
Polisi membekuk pelaku eksploitasi seksual komersial anak di Padang, Sumatera Barat (Sumbar).
Polisi Bekuk Eksploitasi Seksual Komersial Anak Padang