2 Oktober Hari Apa, Berikut Sejarah Warisan Budaya

2 Oktober Hari Apa, Berikut Sejarah Warisan Budaya

Sejarah 2 Oktober sebagai Hari Batik Nasional. [Foto: Canva Premium]

Teraskabar.com - 2 Oktober merupakan hari memperingati Hari Batik. Yang tiap tahun masyarakat di Indonesia memperingati Hari Batik Nasional, berikut sejarah warisan budaya tersebut.

Lalu kenapa Hari Batik Nasional 2 Oktober? Ulasa berikut menerangkan tentang asal mula peringatan Hari Batik.

Sekadar mengetahui bahwa Hari Batik Nasional tahun 2022, berawal atas keputusan The United Nations Educational Scientific and Cultural Organization (UNESCO), sebuah organisasi yang dibentuk oleh Perserikatan Bangsa-Bangsa (UN).

Organisasi ini bertanggung jawab untuk mempromosikan perdamaian, keadilan sosial, hak asasi manusia, dan keamanan nasional.

Termasuk menetapkan batik sebagai Warisan Kemanusiaan untuk Budaya Lisan dan Nonbendawi. Salah satu indikator tersebut ialah simbol, teknik dan budaya membatik melekat akan Indonesia.

UNESCO menetapkan Hari Batik sebagai harapan dapat menumbuhkan kebanggaan dan kecintaan masyarakat terhadap budaya Indonesia, termasuk batik.

Penetapan 2 Oktober sebagai Hari Batik setelah Presiden ke-6 Indonesia Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), menerbitkan Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 33 Tahun 2009 tentang Hari Batik Nasional, 17 November 2009.

Pada Keppres tersebut, 2 Oktober merupakan Hari Batik Nasional, bukan hari libur nasional. Maka pelajar maupun pekerja baik swasta dan negeri tetap masuk pada hari tersebut.

Selanjutnya turunan dari Keppres itu Kementerian Dalam Negeri, menerbitkan Surat Edaran Nomor 003.3/10132/SJ tentang Pemakaian Baju Batik, dalam rangka Hari Batik Nasional yang jatuh setiap 2 Oktober.

Atas Keppres dan Surat Edaran tersebut, Kemendagri mengimbau para pejabat maupun pegawai di lingkungan pemerintah pusat, provinsi, dan atau kabupaten/kota untuk mengenakan batik setiap Hari Batik Nasional.

Baca Juga: Cerita Gerakan Bersama Anti Komunis (GEBAK) di Indonesia

Itulah mengapa 2 Oktober merupakan Hari Batik Nasional yang peringatannya setiap tahun. [*]

Dapatkan update berita terkini, seputar peristiwa, olahraga, hiburan, lifestyle, tekno dan film setiap hari dari Teraskabar.com di Google News.

Baca Juga

Teraskabar.com - Dampak perang Rusia-Ukraina membuat transisi energi di Indonesia tidak stabil. Hal itu kata Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto. "Perlu langkah-langkah dari SKK Migas dengan menyikapi iklim investasi, serta pengaruh global," kata Airlangga Hartarto saat 3rd International Oil and Gas Conference (IOG 2022) yang berlangsung secara hybrid di Bali Nusa Dua Convention Center, Bali.
Efek Perang Rusia-Ukraina: Indonesia Cari Akal Soal Investasi Hulu Migas
%%sitename%% Baby Shima mengejutkan penggemar lantaran tidak bisa goyang lagi. mendapat perundungan secara verbal dari netizen
Tak Separah Dewi Perssik, Baby Shima Ngak Goyang Lagi, Kenapa?
Pengerjaan Kereta Cepat Jakarta Bandung mengalami perbedaan hitungan investasi alias overrun antara pemerintah Indonesia dan China.
Biaya Kereta Cepat Jakarta Bandung Membengkak, Harga China Rendah
Secara resmi Borussia Dortmund batal melawan dua klub Indonesia, jeda Piala Dunia 2022. Pihak BVB 09 tidak akan pernah melupakan Indonesia
Borussia Dortmund Batal Main di Indonesia Bukan Berarti Melupakan Nusantara
Efek tragedi Kanjuruhan, Borussia Dortmund batal melawan dua klub Indonesia, Persib Bandung dan Persebaya Surabaya di jeda Piala Dunia 2022.
Jeda Piala Dunia 2022, Borussia Dortmund Pilih Klub Lain, Batal Lawan 2 Klub Indonesia
Kualitas siaran tim nasional Moldova U-20 Indonesia menarik perhatian karena kualitas gambarnya yang buruk. ANTV ungkapkan penjelasan.
ANTV Ungkap Kualitas Siaran Timnas Indonesia U-20 vs Moldova Burik