10 Kelompok Tani Terima Alat Produksi, Ketua DPRD Supardi: Pertanian bukan Profesi Sambilan

Sebanyak 10 kelompok tani menerima bantuan alat produksi pertanian, yakni TR 265 PK Yanmar, Ketua DPRD Supardi bersama kelompok tani berdial

Ketua DPRD Sumbar Supardi menyerahkan bantuan alat produksi pertanian bagi 10 kelompok tani di dua daerah di Sumatera Barat, Jumat (23/10/2022). [Foto: Humas Setprov]

Teraskabar.com - Sebanyak 10 kelompok tani menerima bantuan alat produksi pertanian, yakni TR 265 PK Yanmar berasal dari kolaborasi Pemprov dan DPRD Sumatera Barat, Jumat (21/10/2022).

Ketua DPRD Supardi bersama kelompok tani saling berdialog, untuk kemajuan pertanian di daerah, yang berlangsung di Agamjua Payakumbuh.

"10 persen dana APBD untuk pengembangan sektor pertanian,dan merupakan program unggulan di Sumbar. Kenapa tidak, karena 50 persen penduduk di Sumbar bergerak di sektor pertanian," kata Supardi.

Maka, sambung Supardi, profesi petani bukan profesi kedua atau ketiga, melainkan profesi utama. "Pertanian bukan profesi sambilan, melainkan utama," ucapnya.

Agar ini menjadi utama dan terus menggeliat, Supardi secara prinsip mendorong petani di daerah. Mulai dari pembibitan, pengelolaan, alat-alat produksi pertanian sesuai dengan kewenangan provinsi.

Berikut 10 kelompok tani penerima bantuan alsintan traktor TR 265 PK Yanmar: Kelompok Tani Berkah Kecamatan Kapur IX, Cimpago Kecamatan Lareh Halaban Kabupaten Limapuluh Kota.

Kemudian Kelompok Tani Sakato Payakumbuh Selatan, Parupuak, Sungai Tabir dan Oriza dari kecamatan Lambosi Tigo Nagari, Pacuran Randah, TSM 2000 dari Payakumbuh Timur, Nangguang Payakumbuh Utara dan Paku Tiang Payakumbuh Barat.

Pada kesempatannya Ketua DPRD Sumbar Supardi menyebut, agar kelompok tani gigih dan tidak lupa menyampaikan aspirasi.

"Kemarin itu saya dengar irigasi rusak, jadi silakan ajukan proposal rehabnya agar bisa kita bahas bersama saat APBD. Limapuluh Kota dan Payakumbuh mesti bangkit, kerja keras berikan produksi pertanian yang lebih baik lagi kedepannya," ucap Supardi berharap.

Baca Juga: Konflik Agraria: Mahasiswa dan Petani di Sumbar Siap Seruduk Kantor Gubernur

Bantuan alat pertanian terssebut turut menyaksikan Dedek Sri Aulia, Kepala UPTD BMSPP Dinas Pertanian dan Portikultura Sumbar. Nusirwan Kasi Alsintan Dinas Pertanian Kabupaten Limapuluh Kota, Dinas Koperindag Sumbar, Yuldi Darmaputra, Kabid Perlindungan Komsumen dan Tertib Niaga. Sonya Rahmadona, Koordinator Pupuk Pestisida dan Alsintan Dinas pertanian Kota Payakumbuh, serta Kabag Persidangan Set.DPRD Sumbar Zardi Syahrir. [*]

Dapatkan update berita terkini, seputar peristiwa, olahraga, hiburan, lifestyle, tekno dan film setiap hari dari Teraskabar.com di Google News.

Baca Juga

Menteri Sosial Tri Rismaharini juga menambah dapur umum yang berlokasi di Bekasi maupun di Jakarta. Dapur umum tersebut beroperasi mulai Sabtu ini, Sabtu (26/11/2022).
Menteri Sosial Tri Rismaharini Tambah Dapur Umum Buat Korban Gempa Cianjur
Mensos Tri Rismaharini Bantu Penjual Nasi Padang, Paketin Buat Korban Gempa Cianjur
Mensos Tri Rismaharini Bantu Penjual Nasi Padang, Paketin Buat Korban Gempa Cianjur
Sosok Kabareskrim Polri Komjen Agus Andrianto belum terlalu familiar profilnya di tengah masyarakat. Ini data profil dan biodata Agus Andrianto penerus Listyo Sigit Prabowo.
Pengganti Listyo Sigit Prabowo: Komjen Agus Andrianto Terimbas Isu Aliran Dana Tambang Liar
Agus Harimurti Yudhoyono mendapat kritik dari loyalis pendukung Ganjar Pranowo. Bahkan menyebut AHY 'Miskin Literasi', rakyat hanya perlu makan.
Rakyat Hanya Butuh Makan: Loyalis Ganjar Sebut AHY Miskin Literasi
Jaksa Penuntut Umum (JPU) akan jemput paksa dua bekas suruhan Ferdy Sambo. Kedua orang itu Radite Hernawa dan Agus Saripul, Kasus Hendra
Kasus Hendra dan Agus, Jaksa Ancam Jemput Paksa Eks Suruhan Ferdy Sambo
Jaksa Penuntut Umum (JPU) akan jemput paksa dua bekas suruhan Ferdy Sambo. Kedua orang itu merupakan anggota Div Propam Polri, yakni Radite Hernawa dan Agus Saripul Hidayat.
Obstruction of Justice Hendra dan Agus Gagal, Ketua RT Ferdy Sambo Sakit